Secara audiovisual, TikTok memiliki keunikan dibandingkan dengan platform media sosial lainnya. Sehingga tidak jarang digunakan sebagai media pembelajaran karena selain mengandung unsur menghibur juga dapat menjadi sarana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial TikTok terhadap minat belajar mahasiswa. Pendekatan penelitian yang digunakan tergolong ke dalam penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah responden sebanyak 21 orang. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui nilai signifikansinya adalah 0,000, jadi 0,000 < 0,005 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, jadi terdapat pengaruh positif dan signifikan antara media sosial TikTok dengan minat belajar mahasiswa PAI Angkatan 2020.
Copyrights © 2023