Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2: November 2015

Keefektifan cooperative learning STAD dan GI ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis

Sapitri Sapitri (Fak. Tarbiyah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Hartono Hartono (Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan GI, dan (2) manakah yang lebih efektif antara kedua metode tersebut ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dan GI keduanya efektif. Tidak terdapat perbedaan keefektifan diantara keduanya  ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran himpunan di kelas VII.Kata Kunci: STAD, GI, berpikir kritis, komunikasi matematis. The Effectiveness of the Cooperative Learning STAD and GI in Terms of Critical Thinking and Mathematical CommunicationAbstractThis study aims to describe: (1) the effectiveness of cooperative learning model of STAD type and GI, and (2) the more effective model between the two in terms of critical thinking skills and students' mathematical communication. This study is a quasi-experimental study with a pretest-posttest nonequivalent group design. The results show that cooperative learning of STAD type and GI approach are effective. There is no difference between them in terms of the effectiveness of critical thinking skills and the students’ mathematical communication skills  in the teaching of the material on sets to class VII.Keywords: STAD, GI, critical thinking, mathematical communication

Copyrights © 2015