Jurnal PGSD Indonesia
Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal PGSD Indonesia

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE PADA SISWA KELAS III SD TLOGO TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL

Dian Faisyal (Universitas PGRI Yogyakarta)
Selly Rahmawati (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakanmodel pembelajaran kooperatif tipe Word Square pada mata pelajaran PKn kelas III Sekolah DasarTlogo.Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas III SD Tlogo yang beralamat di jalan DesaTegal Rejo, Tamantirto, Kasihan, Bantul dengan jumlah 31 orang siswa, terdiri dari 16 siswa laki-lakidan 15 siswa perempuan. Dalam penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Setiapsiklus terdiri dari empat tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan,dan tes. Hasil penelitian dilakukan dengan tes dimana tes tersebut digunakan untuk mengukurpresentase prestasi belajar siswa dan teknik analisis data menggunakan presentase ketuntasan prestasibelajar siswa.Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Word Squarepada mata pelajaran PKn kelas III Sekolah Dasar Tlogo dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatanprestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa, daridata nilai pada pra siklus siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu sebanyak 15siswa atau 48,38%, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimalsebanyak 16 siswa atau 51,61%. Pada siklus I nilai tes evaluasi siswa yang telah mencapai kriteriaketuntasan minimal yaitu sebanyak 16 siswa atau 51,61%, sedangkan siswa yang mencapai kriteriaketuntasan minimal sebanyak 15 siswa atau 48,38%. Sedangkan pada siklus II seluruh siswa telahmencapai kriteria ketuntasan minimal dimana, siswa yang telah mencapai ketuntasan nilai sebanyak31 siswa atau 100% dari jumlah siswa di kelas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal PGSD Indonesia bertujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui artikel penelitian ilmiah yang dilaksanakan oleh mahasiswa, dosen, dan peneliti melalui kajian dari artikel review (meta analisis) sebagai upaya memperkaya ilmu pengetahuan di bidang ...