JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi)
Vol. 9 No. 6 (2023): Desember 2023

Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Marketplace Shopee

Dwi Nita Aryani (STIE Malangkucecwara)
Hartutik (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Desi Derina Yusda (Universitas Mitra Indonesia)
Ni Desak Made Santi Diwyarthi (Politeknik Pariwisata Bali)
Yanti Setianti (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui dan bertujuan menganalisis pengaruh promosi, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada marketplace Shopee, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif, dengan desain penelitian hubungan kausal. Sampel dalam penelitian ini jumlahnya 100 responden. Metode sampel nonprobability sampling dengan sampling purposive, menggunakan software SPSS versi 26. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan variabel promosi, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada marketplace Shopee. Penelitian ini hasil nilai R Square dibuktikan sebesar 48% sementara sisanya 52% dapat dijelaskan oleh variabel lain seperti brand image dan reputasi merek dan lain-lain. Penelitian uji simultan bahwa promosi, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan bersignifikan terhadap kepuasan pelanggan marketplace Shopee di kota Malang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jemsi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) is an electronic independent international scientific and academic journal that aims to publish scholars’ original and high-quality manuscripts and reports in all fields of business. JEMSI adheres to an open access policy to accelerate the ...