Digital Business Journal (DIGIBIS)
Vol 1, No 2 (2023): Digital Business Journal

MINAT MENGGUNAKAN FINTECH DENGAN KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN

Syaefullah Syaefullah (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG)
Wawan Setiawan (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG)
Siska Maryatih (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan persepsi kemudahan terhadap minat menggunakan Fintech Akulaku pada masyarakat kecamatan kresek. Penelitian ini menggunakan pendekan kuantitaif populasi dan penelitian ini adalah masyarakat kecamatan kresek yang menggunakan aplikasi akulaku yang jumlahnya tidak di ketahui dengan pasti. rumus yang di gunakan dalam menentukan jumlah responden menggunakan rumus lemeslow dan sebanyak 96 responden. untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan persepsi kemudahan minat menggunakan fintech Akulaku secara parsial maupun simultan. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25 menunjukkan bahwa terdapat nilai parsial yang positif dan signifikan dari kepercayaan terhadap minat menngunakan dengan t hitung (4,179,>1,661) dengan siginifikansi (0,000 < 0,05) dan persepsi kemudahan memiliki nilai yang positif dan signifikan terhadap minat menggunakan dengan t hitung (6,221 > 1.661) dengan nilai signifikansi (0,000<0,05). Hasil dari t parsial kepercayaan dan Persepsi kemudahan menujukan berpengaruh positif. Hasil secara simultan menunjukan bahwa kepercayaan dan persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan dengan hasil uji F sebesar 198,294. Hasil analisis ini menunjukan bahwa kepercayaan dan persepsi kemudahan secara bersama-sama berpengaruh positif dan sinifikan terhadap minat menggunakan fintech akulaku.  Dengan nilai persamaan regresi berganda yang di peroleh dengan nilai Y = 1,532 + 0,376 X1+0.574 X2.  Dengan ilai koefisien determinasi sebesar 80,6%

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

digibis

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Digital Business Journal (DIGIBIS) at University Of Muhammadiyah Tangerang is published by the Faculty of Economics and Business at University Of Muhammadiyah Tangerang. Digital Business Journal (DIGIBIS) first appeared in June 2022. Digital Business Journal (DIGIBIS) is a national scientific ...