cover
Contact Name
Januar Eky Pambudi
Contact Email
feb.228@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
feb.228@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Digital Business Journal (DIGIBIS)
ISSN : -     EISSN : 29638585     DOI : 10.31000/digibis
Digital Business Journal (DIGIBIS) at University Of Muhammadiyah Tangerang is published by the Faculty of Economics and Business at University Of Muhammadiyah Tangerang. Digital Business Journal (DIGIBIS) first appeared in June 2022. Digital Business Journal (DIGIBIS) is a national scientific journal that is open to seek innovation, creativity and novelty. Whether letters, research notes, articles, complementary articles, or review articles in the field of: Digital Marketing Digital Platforms Digital Advertising Digital Entrepreneurship and Industrial Revolution 4.0
Articles 26 Documents
MINAT MENGGUNAKAN FINTECH DENGAN KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN Syaefullah Syaefullah; Wawan Setiawan; Siska Maryatih
Digital Business Journal Vol 1, No 2 (2023): Digital Business Journal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/digibis.v2i1.7632

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan persepsi kemudahan terhadap minat menggunakan Fintech Akulaku pada masyarakat kecamatan kresek. Penelitian ini menggunakan pendekan kuantitaif populasi dan penelitian ini adalah masyarakat kecamatan kresek yang menggunakan aplikasi akulaku yang jumlahnya tidak di ketahui dengan pasti. rumus yang di gunakan dalam menentukan jumlah responden menggunakan rumus lemeslow dan sebanyak 96 responden. untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan persepsi kemudahan minat menggunakan fintech Akulaku secara parsial maupun simultan. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25 menunjukkan bahwa terdapat nilai parsial yang positif dan signifikan dari kepercayaan terhadap minat menngunakan dengan t hitung (4,179,>1,661) dengan siginifikansi (0,000 < 0,05) dan persepsi kemudahan memiliki nilai yang positif dan signifikan terhadap minat menggunakan dengan t hitung (6,221 > 1.661) dengan nilai signifikansi (0,000<0,05). Hasil dari t parsial kepercayaan dan Persepsi kemudahan menujukan berpengaruh positif. Hasil secara simultan menunjukan bahwa kepercayaan dan persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan dengan hasil uji F sebesar 198,294. Hasil analisis ini menunjukan bahwa kepercayaan dan persepsi kemudahan secara bersama-sama berpengaruh positif dan sinifikan terhadap minat menggunakan fintech akulaku.  Dengan nilai persamaan regresi berganda yang di peroleh dengan nilai Y = 1,532 + 0,376 X1+0.574 X2.  Dengan ilai koefisien determinasi sebesar 80,6%
PROPERTY PRODUCT PURCHASE DECISION ANALYSIS WITH DIGITAL MARKETING AND BRAND TRUST APPROACH R. Fatia Aisyah Nanda Taufik; Hendra Galuh Febrianto
Digital Business Journal Vol 1, No 1 (2022): Digital Business Journal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/digibis.v1i1.6600

Abstract

AbstractThe purpose of this study was to determine the effect of digital marketing and brand trust on purchasing decisions for property products at PT. Kencana Berkat Propertindo either partially or simultaneously. The method used in this research is quantitative associative and the sampling technique uses non-probability sampling with a population of 204 consumers and a sample of 68 respondents. Data analysis used validity test, reliability test, classical assumption test, regression analysis, coefficient of determination test and hypothesis testing. The results of this study are Digital marketing has a significant effect on purchasing decisions with a sig.t value of 0.038 <0.5. Brand trust has a significant effect on purchasing decisions with a sig.t value of 0.004 < 0.5. Then sig. F of 0.000 <0.05 so it can be concluded that simultaneously digital marketing and brand trust variables have a significant effect on purchasing decisions at PT. Kencana Berkat Propertindo.Keywords: Digital Marketing, Brand Trust, Purchase Decision.
THE INFLUENCE OF ONLINE PROMOTIONS AND PRICE PERCEPTIONS ON THE PURCHASING DECISIONS OF MS GLOW USERS AT UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH TANGERANG Eka Hendra Priyatna; Dewi Rahmawati; Kusdianto Kusdianto
Digital Business Journal Vol 2, No 2 (2024): Digital Business Journal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/digibis.v2i2.10460

Abstract

This research aims to analyze the influence of online promotion factors (X1) and price perception (X2) on purchasing decisions (Y) on MS Glow products. This research is quantitative research and survey research. The sample taken in this research was 100 respondents. Data obtained from distributing questionnaires. Primary data processing uses MS.Excel and Statistical Package For Social Science (SPSS) version 26 as evaluation. Meanwhile, the data analysis used in this research includes descriptive statistical analysis, data quality testing, classical assumption testing, linear regression analysis, correlation testing, coefficient of determination testing and hypothesis testing. The results of this research show that the variables Online Promotion Factor (X1) and Price Perception Factor (X2) simultaneously have a positive and significant effect on Purchasing Decisions (Y) as indicated by the Fcount>Ftable value, namely 120.505 > 3.09 with a significant value of 0.000 < 0.05.
DETERMINAN REPURCHASE INTENTION KONSUMEN PRODUK FASHION PADA TIKTOK LIVE STREAM Viky Effendi; Usep Suhud; Shandy Aditya
Digital Business Journal Vol 2, No 1 (2023): Digital Business Journal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/digibis.v2i1.8373

Abstract

ABSTRAKThis study aims to analyze the factors that determine the repurchase intention of consumers of fashion products on TikTok live stream using variables service quality, customer satisfaction, and customer trust. The method of data collection using questionnaires distributed online to 251 respondents. The criteria for respondents in this study are TikTok application users who are domiciled in Greater Jakarta, are at least 17 years old, and have made purchases on TikTok live stream Erigo at least twice in the last six months. Data were processed using software analysis techniques SPSS and SEM AMOS. The results showed that service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction, service quality has a positive and significant effect on customer trust, customer satisfaction has a positive and significant effect on customer trust, customer satisfaction has a positive and significant effect on repurchase intention, and customer trust has a positive and significant effect on repurchase intention. Keyword: repurchase intention, customer satisfaction, customer trust, service quality, TikTok live stream. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menentukan repurchase intention konsumen produk fashion pada TikTok live stream dengan menggunakan variabel service quality, customer satisfaction, dan customer trust. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara daring kepada 251 responden. Kriteria responden dalam penelitian ini yaitu pengguna aplikasi TikTok yang berdomisili di Jabodetabek, berusia minimal 17 tahun, dan sudah pernah melakukan pembelian di TikTok live stream Erigo minimal dua kali dalam kurun waktu enam bulan terakhir. Data diolah dengan menggunakan teknik analisis software SPSS dan SEM AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction, service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer trust, customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer trust, customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention, dan customer trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention. Kata Kunci: repurchase intention, customer satisfaction, customer trust, service quality, TikTok live stream
FORMULASI DAN VALIDASI INDIKATOR TECHNOPRENEUR Luthfi Hidayat; Pitri Yandri
Digital Business Journal Vol 1, No 2 (2023): Digital Business Journal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/digibis.v2i1.6951

Abstract

Dalam wacana technopreneur hari ini, baik teori maupun praktik, para peneliti masih mengandalkan konsep entrepreneur yang dianggap dapat menjelaskan sikap-sikap dan perilaku wirausaha  yang berbasis teknologi. Tentu saja konsep tersebut memiliki keterbatasan untuk kasus-kasus tertentu, baik pada tingkat regional, lokal, maupun sektoral. Oleh karena itu, wacana akademik tentang konsep technopreneur masih membutuhkan penelitian yang luas, terutama untuk menghasilkan indikator yang andal dan valid. Penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan dan memvalidasi indikator technopreneur dengan objek penelitian mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan di Jakarta. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Kami menggunakan pendekatan kualitatif dengan memanfaatkan studi literatur secara ekstensif. Hal studi literatur tersebut menghasilkan 23 indikator technopreneur yang dikelompokkan ke dalam parameter penggunaan teknologi dan informasi, implementasi keilmuan teknis rekayasa, berorientasi tugas dan hasil, pengambil risiko, kepemimpinan, orisinalitas, dan berorientasi masa depan. Kami merinci indikator-indikator tersebut ke dalam konstruk-konstruk yang lebih terukur. Kemudian kami memvalidasi seluruh indikator tersebut dengan menggunakan pemodelan persamaan struktural dengan pendekatan analisis faktor konfirmasi (CFA).  Dengan basis data primer yang kami kumpulkan dengan cara survey terhadap 152 responden mahasiswa, penelitian ini menghasilkan 14 indikator technopreneur yang valid dan andal. Temuan dan pembahasan lebih lanjut kami sajikan di dalam artikel ini.
THE INFLUENCE OF BRAND EQUITY, STORE ATTRIBUTES AND MARKETING DIRECTORS ON PURCHASING DECISIONS Muhammad Iqbal Baitullah; Ilma Darojat; Muhammad Abdul Rosyid
Digital Business Journal Vol 2, No 2 (2024): Digital Business Journal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/digibis.v2i2.10580

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of Brand Equity, Store Attributes and Direct Marketing on Purchasing Decisions at Indomaret Hasyim Ashari Banjar. The research method used is descriptive and associative method. The population in this study amounted to 96 customers. The sampling technique used purposive sampling method, namely the technique of determining the sample with certain considerations, using the Lemeshow formula. The results showed that the t-count value was 2.615 with a t-table value of 1.98552 which meant that there was a positive and significant influence between brand equity (X1) on purchasing decisions (Y), the t-count value was 3.840 with a t-table value of 1.98552 which means that there is a positive and significant influence between store attributes (X2) on purchasing decisions (Y). Y) and this calculated F value of 33.434 > F table of 2.70 it can be concluded that brand equity (X1), store attributes (X2) and direct marketing (X3) have a significant effect on purchasing decisions (Y).
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN QR CODE SEBAGAI ALAT TRANSAKSI: STUDI PADA GENERASI Z Nabilla Ramadhani; Agung Dharmawan Buchdadi; Muhammad Fawaiq
Digital Business Journal Vol 1, No 2 (2023): Digital Business Journal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/digibis.v2i1.7797

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan sebagai salah satu bahan uji dari faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan QR Code pada generasi Z di Jabodetabek. Adapun lima variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah perceived ease of use, perceived usefulness, perceived security, satisfaction, dan continuance intention. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik non-probability sampling, dengan cara menyebarkan kuesioner tertutup secara daring menggunakan skala likert 5 poin. Populasi yang digunakan adalah generasi Z dari rentang usia 17-27 tahun, pernah menggunakan QRIS, dan berdomisili di Jabodetabek. Pada penelitian ini didapatkan sebanyak 215 responden terpilih. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM (Structural Equation Model) dengan dua aplikasi, yaitu: IBM SPSS 25 dan AMOS 21. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa perceived usefulness dan perceived ease of use berpengaruh secara langsung terhadap satisfaction. Perceived usefulness, perceived ease of use, perceived security, dan satisfaction berpengaruh secara langsung terhadap continuance intention. Serta, perceived usefulness dan perceived ease of use berpengaruh secara tidak langsung terhadap continuance intention dan dimediasi melalui satisfaction. Kata kunci: Perceived ease of use, perceived usefulness, perceived security, satisfaction, continuance intention.
ANALISIS FITUR LAYANAN DAN KEAMANAN TERHADAP PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL (SHOPEE PAY) Wawan Setiawan; Dede Sunaryo; Khorida AR
Digital Business Journal Vol 1, No 1 (2022): Digital Business Journal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/digibis.v1i1.6602

Abstract

AbstractThe purpose of this study was to determine the effect of service and security features on the use of digital wallets (Shopee Pay) on SMEs in Tangerang City. This study uses a quantitative approach. The population in this study is SMEs in Tangerang City that use Digital Wallets, the number of which is not known with certainty. The sampling formula used was the Lemeshow formula and obtained a sample size of 96. The data analysis technique used was multiple linear regression. The results of the study show that (1) Service Features have a positive and significant effect on Digital Wallet Usage, as evidenced by the value of tCount > tTable (4.178 > 1.661) with a significance (0.000 <0.05). (2) Security has a positive and significant effect on the use of Digital Wallets, as evidenced by the value of tCount > tTable (2.331 > 1.661) with a significance (0.000 <0.05). Service and Security Features affect the Use of Digital Wallets by 47.3%, the remaining 52.7% is influenced by other variables.Keywords: Use of Digital Wallets, Service Features, and Security.
PERAN CONTENT QUALITY DALAM MENGUATKAN NIAT BERBELANJA KONSUMEN MELALUI TIKTOK MIDNIGHT LIVE Wulan Oktila Sarin; Usep Suhud; Shandy Aditya
Digital Business Journal Vol 2, No 1 (2023): Digital Business Journal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/digibis.v2i1.9156

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 217 responden dengan karakteristik berdomisili atau bertempat tinggal di wilayah Jabodetabek, berusia minimal 17 tahun dan pernah menonton siaran TikTok midnight live dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non-probality sampling dengan cara convenience sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik survei dengan instrumen berupa kuesioner. Data yang diperoleh dari kuesioner diolah menggunakan software SPSS dan Amos. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel content quality berpengaruh signifikan terhadap perceived enjoyment dibuktikan dengan skor P value < 0.01, variabel content quality berpengaruh signifikan terhadap trust dibuktikan dengan skor P value sebesar 0.029, variabel content quality berpengaruh signifikan terhadap perceived ease of use dibuktikan dengan skor P value < 0.01, variabel perceived enjoyment berpengaruh signifikan terhadap purchase intention dibuktikan dengan skor P value sebesar 0.01, variabel trust berpengaruh signifikan terhadap purchase intention dibuktikan dengan skor P value < 0.01, variabel perceived ease of use berpengaruh signifikan terhadap trust dibuktikan dengan skor P value sebesar 0.039, dan variabel perceived ease of use tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase intention dibuktikan dengan skor P value sebesar 0.575.
PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPLUSE BUYING Eka Hendra Priyatna; Lutfi Nurul Lutfia; Masturo Masturo
Digital Business Journal Vol 1, No 2 (2023): Digital Business Journal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/digibis.v2i1.7494

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impluse Buying Pada Konsumen Produk Flickabags Di Instagram. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 96 responden di Flickabags di Instagram. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probality sampling dengan cara accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Shopping Lifestyle (X1) berpengaruh positif terhadap Impluse Buying (Y). Hal ini ditunjukkan dengan thitung >t tabel yakni 6,475 > 1,985, variabel Fashion Involvement (X2) berpengaruh posistif terhadap Impluse Buying (Y). Hal ini  ditunjukkan dengan thitung > ttabel yakni 3,192 > 1,985. Dan nilai signifikan regresi sebesar 0,000 < 0,05. Dan secara  simultan variabel Shopping Lifestyle (X1) dan Fashion Involvement (X2) berpengaruh posistif terhadap Impluse Buying (Y) yakni Fhitung > Ftabel sebesar 43,357 > 3,09. Dengan nilai persamaan regresi berganda Y = 5,553+0,550X1+0,285X2. Dengan koefisien determinasi sebesar 48,30% yang sisanya sebesar 51,70% dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti.Kata Kunci : Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Impluse Buying

Page 1 of 3 | Total Record : 26