BIMA : Journal of Business and Innovation Management
Vol. 2 No. 3 (2020): Juni

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Toko Family Cukir Diwek Jombang




Article Info

Publish Date
06 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari variable tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy secara parsial untuk mengetahuipengaruh terhadap kepuasan konsumen di toko Family Cukir Diwek Jombang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling purposive dengan menggunakan jumlah sampel sebanyak 133 konsumen toko Family Cukir Diwek Jombang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner . Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan,berdasarkan analisis koefisien determinasi diperoleh hasil Rsquare (koefisien dterminasi) sebesar 0,740 artinya bahwa 70,4% variabel kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan,yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy sedangakan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Terdapat pengaruh signifikan secara parsial pada variabel reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil signifikansi t(0,000) < α 0,005.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

aims to publish original research to contribute theoretically and practically to the fields of functional areas of 1. Knowledge management 2. Management information system 3. Marketing management 4. Human resource management 5. Management Business 6. Economic Business 7. Management digital 8. ...