cover
Contact Name
Rohmad Prio Santoso
Contact Email
bimafeunhasy@gmail.com
Phone
+628125992106
Journal Mail Official
bimafeunhasy@gmail.com
Editorial Address
Kantor Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Jl.Irian Jaya No.55 Tebuireng Jombang. Kec. Diwek. kab. Jombang Kode Pos, 61471.
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
BIMA : Journal of Business and Innovation Management
ISSN : -     EISSN : 27454290     DOI : https://doi.org/10.33752/bima
Core Subject : Economy,
aims to publish original research to contribute theoretically and practically to the fields of functional areas of 1. Knowledge management 2. Management information system 3. Marketing management 4. Human resource management 5. Management Business 6. Economic Business 7. Management digital 8. Enterpreneurship 9. Intenational business 10. Financial Management 11. Business ethics and sustainable 12. Small and medium entreprise
Articles 170 Documents
Pengaruh Product Layout, Harga dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Nusantara Mart Kec Sumberrejo Kab Bojonegoro
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 6 No. 1 (2023): Oktober
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/bima.v6i1.5290

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata letak produk, harga dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian. Obyek dari penelitian ini adalah konsumen Nusantara Mart Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling terhadap 120 orang konsumen Nusantara Mart Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tata Letak Produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian Konsumen Nusantara Mart Sumberrejo. (2) Harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian Konsumen Nusantara Mart Sumberrejo. (3) Keragaman Produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian Konsumen Nusantara Mart Sumberrejo. (4) Tata Letak Produk, Harga dan Keragaman Produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian Konsumen Nusantara Mart Sumberrejo.
Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan Auladina Nurul Insani; Agus Frianto
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 6 No. 1 (2023): Oktober
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/bima.v6i1.5291

Abstract

Penelitiannini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap loyalitas karyawan dipPT. Bunga Jaya Jati Bintang Mojokerto. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan asosiatif. Jumlah sampel sebanyak 30 karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji hipotesis menggunakan uji t, F dan R. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa (1) Lingkungan Kerja tidak berpengaruh terhadap Loyalitas Karyawan di PT. Bunga Jaya Jati Bintang Mojokerto dengan nilai thitung 1,042 < ttabel 1,703 dengan nilai signifikan 0,306 > 0.05. (2) Motivasi Kerja berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Karyawan di PT. Bunga Jaya Jati Bintang Mojokerto dengan nilai thitung 4,790 > ttabel 1,703 dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05. (3) Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja berpengaruh secara simultan terhadap Loyalitas Karyawan di PT. Bunga Jaya Jati Bintang Mojokerto dengan nilai fhitung 44,518 > ftabel 3,35 dengan nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05.
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Cafe Arlins Food & Coffe Andre Eka Prasetyo; Tri Sudarwanto; Rohmad Prio Santoso
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 6 No. 1 (2023): Oktober
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/bima.v6i1.5293

Abstract

Setiap pemilik usaha makanan atau minuman, baik dalam bentuk stand, restoran dan café bertujuan sama dalam mandapatkan laba sebanyak mungkin dan menekan biaya operasional. Demi tercapainya tujuan, pemilik dapat memberikan pelayanan yang berkualitas serta mempertimbangkan tempat usaha. Harapannya dengan kedua faktor tersebut menjadikan pelanggan lebih puas, terhubung kembali dengan tujuan utama yaitu laba. Penelitian yang dilakukan di Café Arlins Food&Café mempertimbangkan dua variabel yaitu kualitas pelayanan dan lokasi kepada variabel lainnya yaitu kepuasan pelanggan.Café yang terletak di Jl. Pacet-Gondang Kabupaten Mojokerto, didapati peneliti memiliki kedua variabel tersebut namun masih minimal data mengenai kepuasan pelanggan. Dengan menggunakan angket untuk memperoleh data primer, kemudian dianalisis secara kuantitatif yakni kausal komparatif. Menggunakan teknik random sampling pada 96 responden diketahui variabel kualitas pelayanan dan lokasi memberikan pengaruh secara positf baik secara serentak maupun terpisah kepada kepuasaan pelanggan. Kedua vairabel tersebut dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan oleh pihak Café Arlins Food&Café demi meningkatkan pelanggan baik dari segi kuantitas maupun kepuasan.
Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Mochammad Reiza; Tri Sudarwanto; Winaika Irawati
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 6 No. 1 (2023): Oktober
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/bima.v6i1.5294

Abstract

Penelitianibertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Assfak Assyuhada Jombang. Penelitian kuantitatif menjadi metode dalam penelitian ini. Populasi penelitian 100 pengguna Assfak Assyuhada di Jombang. Sampel ditentukan melalui sampling purposive dengan menggunakan sampel 80 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Persepsi kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (2) Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (3) kualitas produk dan citra merek simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Pengaruh Emosional Branding dan Customer Relationship Terhadap Loyalitas Konsumen
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 6 No. 1 (2023): Oktober
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/bima.v6i1.5297

Abstract

Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui pengaruh Emosional Branding Dan Customer Relationship Terhadap Loyalitas Konsumen yang ditujukan kepada Toko Skincare Lukita Ms Glow daerah Jombang. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kuantitatif. Sehingga jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 30 penjawab dengan menggunakan non-probabilitay serta teknik purposive sampling. Teknik Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis Yang digunakan yakni Analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan hasil pengujian secara parsial variabel Emosional Branding (X1) tidak terdapat pengaruh terhadap Loyalitas Konsumen (Y) Toko skincare Lukita Ms Glow di Jombang Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji-t yang diperoleh, yaitu nilai sig-hitung > 0,185 (1.360 < 0,185) Sehingga dapat disimpulkan hipotesis pertama diterima (H01 diterima Ha1 ditolak). (2) Berdasarkan hasil pengujian secara parsial variabel Customer Relationship (X2) tidak terdapat pengaruh terhadap Loyalitas Konsumen (Y) Toko skincare Lukita Ms Glow di Jombang Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji-t yang diperoleh, yaitu nilai sig-hitung > 0,000 (4.179 < 0,000) Sehingga dapat disimpulkan hipotesis pertama diterima (H02 diterima Ha2 ditolak).
Pengaruh Pelatihan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV. Tiga Agung Ngoro Jombang
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 6 No. 1 (2023): Oktober
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/bima.v6i1.5298

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan kerja, disiplin kerja terhadap kinerja karyawan CV. Tiga Agung Ngoro Jombang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode yang digunakan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 100 karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regeresi linier berganda dengan alat bantu software komputer SPSS 25.0 .Uji hipotisis menggunakan uji t, uji f dan uji R. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ( 1 ) pelatihan kerja secara parsial tidak ada pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan CV. Tiga Agung Ngoro Jombang dengan nilai t hutung kurang dari t table ( 2 ) disiplin kerja berpengaruh secara parsial terhadap kinerja CV. Tiga Agung Ngoro Jombang dengan nilai t hitung lebih besar daripada t tabel ( 3 ) pelatihan kerja dan disiplin kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan CV.Tiga Agung Ngoro Jombang dengan nilai f hitung lebih besar dari f tabel
Pengaruh Disiplin Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit NU Jombang (Studi Kasus Pada Tenaga Medis Keperawatan)
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 6 No. 1 (2023): Oktober
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/bima.v6i1.5299

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana stres dan disiplin kerja mempengaruhi kinerja karyawan di RS NU Jombang (Studi Kasus Tenaga Medis Keperawatan). Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan sampel jenuh dari tenaga kerja penuh dari 77 pekerja, dan menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data. Tes t, r, dan f digunakan untuk menguji hipotesis. (1) Disiplin kerja di Rumah Sakit NU Jombang (Studi Kasus Tenaga Medis Keperawatan) tidak berpengaruh parsial terhadap kinerja karyawan, menurut temuan penelitian, yang diungkap dengan nilai t yang dihitung sebesar -1,337 > r tabel 0,2242. (2) Kinerja karyawan di Rumah Sakit NU Jombang dipengaruhi oleh stres kerja sampai batas tertentu (Studi Kasus Tenaga Medis Keperawatan), dengan nilai yang ditentukan sebesar 9.967 > r tabel 0,2242. (3) Dengan nilai f yang dihitung sebesar 51.956 > f tabel 0,312 dan nilai signifikansi 0,000<0,05, disiplin kerja dan stres kerja secara bersamaan berdampak besar terhadap kinerja karyawan di RS NU Jombang (Studi Kasus Tenaga Medis Keperawatan).
Pengaruh Brand Ambassador dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Whitelab (Studi Kasus Di PP. Al- Mahfudz Seblak Jombang, Jawa Timur)
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 6 No. 1 (2023): Oktober
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/bima.v6i1.5300

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Whitelab di Pesantren Putri Al Mahfudz. Pada pengambilan sebuah sampel berupa Purposive sampling memiliki jumlah sampel sebanyak 68 santri. Sehingga uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinieritas dan analisis regresi linier berganda untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Maka pada penelitian uji t menjelaskan bahwa variabel brand ambassador (X1) berpengaruh keasliannya terhadap sebuah keputusan pembelian (Y) serta variabel kualitas produk(X2) sangat berpengaruh keasliannya pada keputusan pembelian (Y). Maka hasil penelitian uji F (simultan) menunjukkan hasil bahwa brand ambassador (X1) dan kualitas produk (X2) simultan sangat bergantung kepada keasliannya yang terletak pada keputusan pembelian. (Y).
Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Di PT BPRS Bhakti Sumekar Sumenep Syahna Zein; Agus Frianto
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 6 No. 1 (2023): Oktober
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/bima.v6i1.5308

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan di PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bhakti Sumekar Sumenep. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 30 karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinieritas dan analisis regresi linier berganda untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian uji t (parsial) menunjukkan bahwa variabel Reward (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja karyawan (Y) dan variabel punishmen (X2) memiliki pengaruh yang tidak positif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Hasil penelitian uji F (simultan) menunjukkan hasil bahwa Reward (X1) dan punishment (X2) secara keseluruhan berpengaruh Positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y).
Pengaruh Beban Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Bagian Keperawatan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama Jombang)
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 6 No. 1 (2023): Oktober
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33752/bima.v6i1.5309

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetehui “pengaruh beban kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama Jombang”. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Untuk kajian ini populasinya yaitu seluruh perawat RS Nahdlatul Ulama Jombang. Digunakannya sampel jenuh selaku teknik pengambilan sampelnya, dimana sampelnya berjumlah 60 karyawan. Teknik pengumpul data mempergunakan kuesioner yang telah dilakukan uji reliabilitas dan vaaliditasnya. Uji asumsi klasik mencakup uji normalitas, multikoloniearitas dan heteroskedastisitas, menggunakan analisis regresi linier berganda serta uji hipotesis (uji t dan F) serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitiannya untuk uji t (parsial) memperlihatkan bahwa variabel beban kerja (X1) memengaruhi positif kinerja karyawannya (Y) serta variabel lingkungan kerja (X2) memengaruhi positif kinerja karyawannya (Y). Hasil penelitiannya untuk uji F (simultan) dihasilkan bahwa beban kerja (X1) dan lingkungan kerja (X2) memengaruhi signifikan kinerja karyawan (Y) secara simultan

Page 1 of 17 | Total Record : 170