Distance learning adalah pembelajaran melalui media yang memungkinkan terjadinya komunikasi antara guru dan siswa. Guru dan siswa tidak bertatap muka, dengan kata lain distance learning memungkinkan guru dan siswa berada di tempat yang berbeda atau bahkan sangat berjauhan. Distance learning adalah pembelajaran yang ditawarkan kepada peserta atau siswa yang tidak rutin berkumpul di satu tempat untuk menerima pelajaran langsung dari guru. Siswa disabilitas merupakan siswa yang mempunyai hambatan atau kesulitan pada kemampuan kognitif, fisik, sosial, dan emosional. Pembelajaran siswa disabilitas tidak hanya bersifat akademis saja, namun juga berkaitan dengan pengembangan tentu memerlukan keahlian khusus. Keadaan emosi dan perilaku yang terkadang tidak stabil dan bermasalah juga bisa menjadi kendala saat belajar di rumah. Tujuan studi ini adalah untuk mengidentifikasi data dari penelitian terdahulu tentang distance learning bagi siswa disabilitas. Metode yang digunakan yaitu sytematic literature review (SLR). Research Question dari studi SLR yaitu metode yang digunakan serta kesulitan yang dialami guru dalam proses distance learning bagi siswa disabilitas. Hasil studi dari 11 artikel menunjukkan bahwa metode yang digunakan guru adalah daring (online), homevisit, serta gabungan keduanya. Kesulitan yang dialami guru yaitu bekerja sama dengan orang tua dan masyarakat, kurangnya sarana dan prasarana, ketidakstabilan jaringan internet, pemahaman penggunaan teknologi, serta siswa disabilitas kurang antusias.
Copyrights © 2023