Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol. 2 No. 3 (2023): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial

Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMK Negeri 1 Solok

Miftahul Rahmi (Universitas Mahaputra Muhammad Yamin)
Merika Setiawati (Universitas Mahaputra Muhammad Yamin)
Fajri Basyirun (Universitas Mahaputra Muhammad Yamin)
Hendri Irawan (Universitas Mahaputra Muhammad Yamin)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai persepsi guru dalam implementasi kurikulum merdeka belajar di SMK Negeri 1 Solok. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Solok pada bulan Pebruari sampai April tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas X SMK Negeri 1 Solok dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh yang berarti semua anggota populasi digunakan sebagai sampel sebanyak 60 orang guru. Instrument dalam penelitian ini adalah lembaran angket yang sudah di uji coba. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Persepsi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam kriteria sangat baik dengan persentase sebesar 83%, hal ini berarti implementasi kurikulum merdeka belajar di SMK Negeri 1 Solok menurut seluruh guru yang mengajar di kelas X bahwa kurikulum merdeka belajar di SMK negeri 1 Solok sudah diimplementasikan dengan sangat baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial menerbitkan artikel ilmiah pendidikan dan ilmu sosial berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Terbit 4 kali setiap tahun pada bulan Januari, Maret, Juli, dan ...