Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 12 No 2 (2023): ORYZA: Jurnal Pendidikan Biologi

Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Bidang Studi Biologi Materi Virus Kelas X IPA MAN 1 Polewali Mandar

Mukrimah Mukrimah (Universitas Negeri Makassar)
Syamsiah Syamsiah (Universitas Negeri Makassar)
Hamka Lodang (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis siswa pada bidang studi biologi materi virus kelas X IPA MAN 1 Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini sebanyak 4 kelas X IPA dengan jumlah siswa sebanyak 159 dan sampel sebanyak 114 siswa diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin teknik simple random sampling. Data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan dengan menggunakan tes berupa soal uraian (essay) kemudian dianalisis menggunakan bantuan Microsoft Office Excel. Hasil analisis menunjukkan indikator keterampilan berpikir kritis menurut Departemen Pendidikan Nasional (2008) yaitu memfokuskan pertanyaan mendapatkan nilai persentase 49,78% dengan kategori sedang, menganalisis argumen mendapatkan nilai persentase 52,63% dengan kategori sedang, mempertimbangkan keterampilan induksi mendapatkan nilai persentase 42,53% dengan kategori sedang, mendefinisikan konsep mendapatkan nilai persentase 41,55% dengan kategori sedang dan mendeskripsikan mendapatkan nilai persentase 60,08% dengan kategori tinggi dengan total rata-rata persentasenya yaitu 49,3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa pada bidang studi biologi materi virus kelas X IPA MAN 1 Polewali Mandar berada pada kategori sedang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...