Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia
Vol 1, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia. Oktober 2019

PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Ristanti Sherly (Universitas Pendidikan Indonesia)
Neti Budiwati (UPI)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran metode peta konsep. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian yaitu siswa SMA Negeri 1 Losarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian non-equivalent control group design. Jumlah subjek pada penelitian yaitu berjumlah 60 orang siswa, yang terdiri dari 2 kelas. Analisis instrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda sedangkan analisis data menggunakan uji homogenitas, ujinormalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa kelas eksperimen yang menggunakan metode peta konsep lebih efektif meningktatkan pemahaman konsep siswa dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran ekonomi Materi Pokok Bank, Lembaga Keuangan Bukan Bank, dan Otoritas Jasa Keuangan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPEI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Manuscripts for JPEI should fall within one of the following categories, Research in economics and education, Economic content, Economic instruction, Innovations in pedagogy, hardware, materials, and methods for treating traditional and newer subjects. Reports on the status and events that influence ...