Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 3, No 2 (2017): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

Pengaruh Kesegaran Jasmani melalui Senam Sribu pada Siswa Kelas V SD N 21 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Zulma Zulma (SDN 21 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat kesegaran jasmani siswa. Salah satu penyebabnya adalah dipengaruhi oleh tingkat aktivitas jasmani siswa yang rendah. Untuk mengatasi hal tersebut maka dicobakan senam SRIBU untuk meningkatkan kesegajaran jasmani siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian exsperimen lapangan yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh senam SRIBU terhadap kesegaran jasmani siswa SD N 21 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive random sampling, yaitu dtetapkan hanya siswa puteri kelas V SD N 21 Batang Anai yang berjumlah 11 orang sebagai sampel. Kriteria, menguasai Senam SRIBU dengan baik. Hipotesis yang diajukan yaitu, terdapat pengaruh yang berarti latihan senam SRIBU terhadap kesegaran jasmani siswa SD Negeri 21 Batang Anai. Teknik pengambilan data menggunakan tes TKJI sebelum dan sesudah perlakuan senam SRIBU terhadap siswa. Data yang telah terkumpul digunakan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji t. Sebelum uji t dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dari uji hipotesis yang menggunakan statistik uji t dapat disimpulkan yaitu, “terdapat pengaruh yang berarti pada latihan senam SRIBU terhadap peningkatan kesegaran jasmani siswa SD N 21 Batang Anai dengan perolehan thitung 3,35 > ttabel 2,36 pada taraf signifikan α 0,05”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa latihan SRIBU dapat meningkatkan kesegaran jasmani siswa SD N 21 Batang Anai.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Other

Description

Authors who intend to submit a manuscript for publication in JPPI obliged to understand correctly the instructions and the ins and outs of the provisions on this journal. For authors who have never published the article on this journal, we recommend reading all of the term and conditions are listed ...