Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 1 (2015): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOAL CERITA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS III SDN 22 LUBUK ALUNG

Yeliherti Yeliherti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mendeskripsikan: 1) Rencana pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar soal cerita melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 22 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. 2) Pelaksanaan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar soal cerita melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 22 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman, dan 3) Peningkatan hasil belajar soal cerita melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 22 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Masalah penelitian dirumuskan sebagai berikut: Bagaimanakah Peningkatkan Hasil Belajar Soal Cerita Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 22 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman”? Penelitian ini dilakukan di SDN 22 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas III semester II SDN 22 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Jumlah siswanya yaitu 25 orang, 10 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. dari Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa hanya memperoleh nilai rata-rata 5,6. Kemudian setelah diadakan tes akhir siklus 1, siswa memperolrh nilai rata-rata menjadi 6,8. Dan tes akhir siklus II rata-rata siswa meningkat menjadi 8,46. Jadi dilihat dari rata-rata yang diperoleh siswa dengan menggunakan pendekatan CTL hasil pembelajaran siswa dapat ditingkatkan

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Other

Description

Authors who intend to submit a manuscript for publication in JPPI obliged to understand correctly the instructions and the ins and outs of the provisions on this journal. For authors who have never published the article on this journal, we recommend reading all of the term and conditions are listed ...