Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 3, No 2 (2017): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas V SDN 22 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Armita Rostia (SDN 22 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran peserta didik hanya duduk, diam, dengar, dan mencatat materi yang disampaikan guru. Ini disebabkan karena guru kurang mampu menggunakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik secara optimal dalam proses pembelajaran. Akibatnya  peserta didik seringkali tidak bersemangat dan merasa jenuh dalam pembelajaran. Selain itu sebahagian peserta didik takut dan malu bertanya kepada guru, jika mengalami kesulitan dalam pembelajaran mereka berdiam diri saja, sehingga hasil belajarnya rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS dilakukan penelitian dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD. Model kooperatif tipe STAD ini merupakan model pembelajaran yang menempatkan peserta didik dalam kelompok belajar yang beranggotakan 5 atau 6 orang peserta didik. Model pembelajaran ini dilakukan melalui enam tahap, dimulai dari penyajian materi oleh guru, kegiatan belajar kelompok, pemeriksaan hasil kerja kelompok, tes secara individual, pemeriksaan hasil tes, dan penghargaan kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 22 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman, dengan jumlah peserta didik 27 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN 22 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Other

Description

Authors who intend to submit a manuscript for publication in JPPI obliged to understand correctly the instructions and the ins and outs of the provisions on this journal. For authors who have never published the article on this journal, we recommend reading all of the term and conditions are listed ...