Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 1 (2015): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

PENGGUNAAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DI KELAS IV SDN 27 BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

YENI ELFIDA (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2015

Abstract

  Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode inkuiri pada pembelajaran IPS di kelas IV SD. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan rancangan pembelajaran IPS dengan menggunakan metode inkuiri  di kelas IV SDN 27 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS  dengan menggunakan metode inkuiri  di kelas IV SDN 27 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Dan 3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan  menggunakan metode inkuiri di kelas IV SDN 27 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Masalah penelitian tindakan kelas ini dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimana rancangan pembelajaran IPS dengan menggunakan metode inkuiri di kelas IV SDN 27 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan metode inkuiri di kelas IV SDN 27 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman? 3) Bagaimana hasil belajar  IPS dengan menggunakan metode inkuiri di kelas IV SDN 15 27 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman? Penelitian ini diadakan di SDN 27 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV. Jumlah kelas pada SD ini sebanyak 6 kelas yaitu kelas 1-6. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV  SDN 27 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman yang terdaftar pada semester II tahun ajaran  2012/2013. Hasil pembelajaran siswa meningkat yaitu dari tes awal dengan rata-rata 5,6 tes akhir siklus I 7,2 dan tes akhir siklus II 8,38

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Other

Description

Authors who intend to submit a manuscript for publication in JPPI obliged to understand correctly the instructions and the ins and outs of the provisions on this journal. For authors who have never published the article on this journal, we recommend reading all of the term and conditions are listed ...