Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 6, No 2 (2020): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

Perbedaan Nomophobia mahasiswa; analisis Rasch

Yuda Syahputra (Universitas Indraprasta PGRI)
Lira Erwinda (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Penggunaan smartphone pada era digital saat ini sudah menjadi kebiasaan karena seluruh aktivitas di masyarakat sudah terintegrasi dengan aplikasi pada smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan nomophobia mahasiswa ditinjau dari gender, akses internet per-hari, dan jumlah media sosial (sosmed) di Universitas Negeri Padang. Penelitian ini adalah penelitian komparatif pada mahasiswa Universitas Negeri Padang, yang diperoleh melalui cluster random sampling.  Sampel penelitian ini adalah 236 mahasiswa (43 laki-laki dan 193 perempuan). Teknik analisis yang digunakan adalah Welch test pada model rasch dengan bantuan WINSTEPS Version 3.73. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan nomophobia antara mahasiswa laki-laki dan perempuan, serta mahasiswa yang menggunakan media dengan jumlah banyak sangat membutuhkan akses internet yang banyak juga (> 8 jam) atau adanya hubungan positif antara akses internet perhari dengan jumlah media yang dimiliki. Temuan menunjukkan bahwa baik individu berjenis kelamin perempuan atau laki-laki memiliki akses internet dan media sosial yang banyak , sehingga hal demikian meningkatkan kecenderungan individu memiliki perilaku nomophobia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Other

Description

Authors who intend to submit a manuscript for publication in JPPI obliged to understand correctly the instructions and the ins and outs of the provisions on this journal. For authors who have never published the article on this journal, we recommend reading all of the term and conditions are listed ...