Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 3, No 2 (2017): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas I SD melalui Media Gambar Seri Di SDN 06 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman

Mirnawati Mirnawati (SDN 06 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa keterampilan siswa SD kelas I dalam berbicara sangat rendah, khususnya di depan umum. Hal ini disebabkan beberapa hal terutama penggunaan media yang kurang cocok dengan tingkat kemampuan berfikir siswa. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan menggunakan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara. Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan aktivitas, siswa, aktivitas guru dan peningkatan keterampilan berbicara siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN 06 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar seri dapat meningkatkan (1) aktivitas siswa dalam belajar, (2) meningkatkan aktivitas guru dan (3) keterampilan berbicara siswa di depan umum/kelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah untuk dapat menggunakan gambar berseri yang isi gambarnya dekat dengan kehidupan siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Other

Description

Authors who intend to submit a manuscript for publication in JPPI obliged to understand correctly the instructions and the ins and outs of the provisions on this journal. For authors who have never published the article on this journal, we recommend reading all of the term and conditions are listed ...