Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 8, No 3 (2022): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

Diplomasi lingkungan hidup Indonesia: isu mitigasi perubahan iklim

Aos Yuli Firdaus (Dosen Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional)
Putri Ayu Wandira (Mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Perkembangan diplomasi lingkungan hidup tidak dapat dipisahkan dengan semakin besarnya upaya dunia internasional dalam mitigasi masalah perubahan iklim. Dalam tiga dekade belakangan anggota-anggota PBB yang meratifikasi Konvensi Kerangka Kerja PBB dalam Perubahan Iklim bertemu setiap tahun melalui mekanisme yang dikenal sebagai Konferensi bagi Partai Anggota untuk mendiskusikan solusi universal terbaik bagi perubahan iklim. Masalah dalam penelitian ini bagaimana upaya diplomasi Indonesia dalam menyikapi masalah perubahan iklim sudah cukup untuk melindungi warga negaranya. Dengan itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai diplomasi pemerintahan Indonesia yang telah dilakukan dibawah kerangkakerja PBB dan juga upaya dalam mitigasi perubahan iklim, terutama sebagai anggota UNFCCC. Adapun metode penelitian dilakukan dengan menggambarkan permasalahan yang akan diteliti secara deskriptif kemudian melakukan analisis dengan sumber data. Hasil penelitiannya yaitu Sebagai anggota Konvensi Kerangka Kerja Perubahan Iklim, Indonesia telah mengambil langkah pertama yang penting dalam upaya diplomasinya untuk ikut serta dengan komunitas global dalam isu penanganan perubahan iklim. Namun, diplomasi saja masih belum cukup. Upaya Indonesia sebagai “Highly Insufficient” atau “Sangat Tidak Mencukupi” yang berarti bahwa rencana aksi yang diambil oleh Indonesia dalam menyikapi masalah perubahan iklim masih belum menunjukan bahwa Indonesia telah berkomitemen untuk melakukan kewajibannya untuk mengurangi emisi yang dibutuhkan untuk mengurangi masalah pemanasan global yang kurang dari batas 2 Celcius.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Other

Description

Authors who intend to submit a manuscript for publication in JPPI obliged to understand correctly the instructions and the ins and outs of the provisions on this journal. For authors who have never published the article on this journal, we recommend reading all of the term and conditions are listed ...