Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 8, No 3 (2022): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

Peran organizational citizenship behaviour dalam memediasi kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen organisasi terhadap kinerja sekolah

Ika Pratiwi (Magister Manajemen, Universitas Bina Bangsa, Indonesia)
Uli Wildan Nuryanto (Magister Manajemen, Universitas Bina Bangsa, Indonesia)
Muhammad Suparmoko (Magister Manajemen, Universitas Bina Bangsa, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan solusi terhadap sekolah swasta yang ingin meningkatkan kinerja dengan menggunakan variabel penelitian kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi, perilaku warga organisasi (OCB) dan kinerja organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kausalitas menggunakan metode Variance BasedStructural Equation Model (VB-SEM) menggunakan Smart PLS 3 dengan alat bantu analisis Smart PLS 3 terhadap 480 responden guru SD Swasta di Kota Serang. Hasil penelitian ini yaitu peneliti mengidentifikasi tiga perilaku OCB yang efektif untuk meningkatkan kinerja sekolah yaitu masuk dan tinggal di dalam organisasi sebagai guru atau tenaga kependidikan dengan sukarela, melakukan peran khusus yang diperlukan oleh organisasi, terikat dalam kegiatan inovatif dan spontan diluar peran yang diwajibkan kepadanya. Dalam penelitian ini peneliti tidak dapat membuktikan bahwasanya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja sekolah serta peran OCB tidak mampu memediasi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja organisasi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Other

Description

Authors who intend to submit a manuscript for publication in JPPI obliged to understand correctly the instructions and the ins and outs of the provisions on this journal. For authors who have never published the article on this journal, we recommend reading all of the term and conditions are listed ...