INTERNAL (Information System Journal)
Vol. 4 No. 1 (2021)

Implementasi Algoritma SAW Pada Aplikasi Penentuan Pembimbing Tugas Akhir Mahasiswa (Studi Kasus: Prodi Informatika Universitas Langlangbuana)

Irwin Supriadi (Universitas Langlangbuana)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Salah satu syarat bagi seorang mahasiswa untuk memperoleh gelar akademik adalah dengan membuat karya tulis ilmiah yaitu skripsi / tugas akhir. Dalam pembuatan skripsi mahasiswa dibimbing oleh dosen pembimbing yang akan mengarahkan mahasiswa dalam menulis skripsi, sehingga menghasilkan karya ilmiah yang baik. Penetapan dosen pembimbing yang dilakukan secara manual oleh ketua program studi dan sekretaris program studi terkadang menghasilkan dosen pembimbing yang tidak sesuai dengan bidang keahlian dosen. Untuk membantu tugas Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi, diusulkan sistem yang lebih baik untuk mengefisiensikan pekerjaan. Pada penelitian sebelumnya telah diusulkan suatu rancangan sistem dengan menggunakan algoritma Simple Additive Weighting (SAW). Metode SAW bekerja dengan mencari penjumlahan terbobot dari peringkat kinerja untuk setiap alternatif pada semua atribut. Pada penelitian tahun kedua ini dibangun sebuah aplikasi untuk mengimplementasikan hasil perancangan berupa prototipe sistem. Dari hasil implementasi dan pengujian yang dilakukan, aplikasi ini dapat memproses penentuan skripsi / tugas akhir mahasiswa dengan lebih cepat sesuai dengan keahlian dosen pembimbing dengan tema skripsi / tugas akhir mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

internal

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

INTERNAL (Information System Journal) is a scientific journal published by the Information Systems Study Program, Masoem University. This journal is a forum for publication of scientific papers in the form of writings by academics, researchers and practitioners on pure and applied research in the ...