INTERNAL (Information System Journal)
Vol. 2 No. 2 (2019)

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BANTUAN SOSIAL BERAS MASYARAKAT MISKIN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Hendra Gunawan (STMIK Indonesia Mandiri)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2020

Abstract

Kesejahteraaan sosial masyarakat merupakan misi utama pemerintah untuk membangun bangsa dan negara menjadi lebih baik, oleh karena itu pemerintah terus melakukan program-program bantuan sosial beras masyarakat miskin (Raskin) di masyarakat. Dalam menjalankan program tersebut pemerintah pusat dan pemerintah daerah saling berkoordinasi agar setiap program yang dijalankan tepat sasaran tanpa ada unsur-unsur penyelewengan yang dilakukan oleh oknum-oknum aparatur pemerintahan dalam menjalankan tugasnya. Penentuan penerima bantuan merupakan salah satu masalah yang menjadi perhatian serius pemerintah desa Batukarut, karena banyaknya data pengusulan bantuan yang masuk tentunya sangat merepotkan bagi aparatur pemerintah dalam menentukan penerima bantuan yang layak. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem sistem pendukung keputusan penerima bantuan sosial di desa Batukarut yang mampu membantu aparatur desa dalam menentukan penerima bantuan. Metode sistem pendukung keputusan yang digunakan adalah metode Simple Additive Weighting (SAW). Dimana hasil sistem pendukung keputusan ini berupa perengkingan calon penerima bantuan sosial sesuai dengan besar nilai akhir hasil yang diperoleh. Dengan dibuatnya Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bantuan Sosial ini diharapkan mampu mempermudah dalam penentuan penerima bantuan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

internal

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

INTERNAL (Information System Journal) is a scientific journal published by the Information Systems Study Program, Masoem University. This journal is a forum for publication of scientific papers in the form of writings by academics, researchers and practitioners on pure and applied research in the ...