JURNAL ECONOMINA
Vol. 3 No. 2 (2024): JURNAL ECONOMINA, Februari 2024

Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Mekanisme Good Governance Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2020-2022)

Tania Elisabeth Limbong (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
David Pangaribuan (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Triana Yuniati (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat “Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Mekanisme Good Governance Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2022. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria yang sudah ditetapkan, diperoleh 63 perusahaan selama 3 tahun sehingga total sampel yang digunakan adalah 189 data. Jenis data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan pada periode 2020-2022. Hipotesis ini diuji dengan menggunakan analisis statistik deskripstif, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji hipotesis yaitu uji analisis regresi berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, mekanisme good governance perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dan secara simultan profitabilitas, likuiditas dan mekanisme good governance perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

economina

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL ECONOMINA (JE) is a peer-reviewed journal which publishes original research papers. ECONOMINA has been published since 2022. It is currently published every month a year with e-ISSN: 2963-1181. The Digital Object Identifier (DOI) is assigned to each published article and the journal is ...