Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 4 No. 2s (2023): Special Isuee

MODEL - MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI DI SMA NEGERI 45 MALUKU TENGAH

Rosita Ely (PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO)
Cheris Laloan (PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO)
Dolly Watania (PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2024

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Model-Model Pembelajaran Inovatif dalam rangka meningkatkan minat belajar siswa. Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini antara lain : manfaat praktis yakni dapat menjadi referensi bagi para pembaca dan menjadi sarana penulis dalam mendalami teori-teori kependidikan, sedangkan manfaat teoritis menjadi masukan bagi Dinas Pendidikan dan masukan bagi guru-guru Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi dalam rangka peningkatan kompetensi mengajar. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas, pengumpulan data dilakukan setelah kegiatan belajar mengajar dilakukan, sedangkan untuk menganalisis data yang di peroleh melalui perbandingan hasil yang diperoleh siswa di siklus 1 dan siklus 2. Yang menjadi populasi adalah semua siswa kelas XII SMA Negeri 45 Maluku Tengah sebanyak 24 siswa, sampelnya diambil dari keseluruhan populasi. Dari penelitian terhadap aspek-aspek tersebut, maka dapat di simpulkan bahwa penerapan Model-Model Pembelajaran inovatif dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 45 Maluku Tengah oleh Guru-Guru sudah optimal, namun perlu adanya usaha untuk peningkatan kualitas mengajar guru yaitu dengan upaya-upaya seperti pelatihan secara terpadu dalam pengembangan K13 (Kurikulum 2013) dalam penggunaan dan pembuatan media/sumber secara sederhana oleh guru serta perlu adanya penyediaan sarana yang lebih baik dan efisien berupa penambahan ruang kelas agar dapat menampung jumlah siswa yang ada. Kata Kunci : Model, Pembelajaran Inovatif ABSTRACT The aim of this research is to determine the application of Innovative Learning Models in order to increase students' interest in learning. The benefits expected from this research include: practical benefits, namely that it can serve as a reference for readers and become a means for writers to explore educational theories, while the theoretical benefits become input for the Education Department and input for teachers of Accounting Economics Subjects in order to increasing teaching competency. This research uses the Classroom Action Research Method, data collection is carried out after teaching and learning activities are carried out, while analyzing the data obtained through comparing the results obtained by students in cycle 1 and cycle 2. The population is all class XII students of SMA Negeri 45 Central Maluku as many as 24 students, the sample was taken from the entire population. From the research on these aspects, it can be concluded that the application of innovative learning models in the teaching and learning process at SMA Negeri 45 Central Maluku by teachers is optimal, but efforts are needed to improve the quality of teacher teaching, namely by making efforts such as integrated training in the development of K13 (2013 Curriculum) in the use and creation of simple media/resources by teachers and the need to provide better and more efficient facilities in the form of additional classrooms to accommodate the existing number of students. Keywords: Model, Innovative Learning

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...