Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 5 No. 1s (2024): Special Isuee

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI PERKANTORAN SMK NASIONAL MOLOMPAR MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN PERMAINAN TARGET (TARGET GAMES) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Mas Ponggohong (PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO)
Robert Winerungan (PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO)
Linda Rumbayan (PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan Model Kooperatif Permainan Target. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan melakukan 2 siklus. Penggunaan Model Kooperatif Permainan Target (Target Games) mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran EKONOMI Kelas XI PERKANTORAN SMK Nasional Molompar yaitu pada siklus 1 sebesar 61,77 %, pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 20,89 % menjadi 82,66%. Penggunaan Model Kooperatif Permainan Target (Target Games) mampu meningkatkan kinerja guru pada pembelajaran Ekonomi Kelas XI PERKANTORAN SMK Nasional Molompar yaitu pada siklus 1 nilai rata-rata kinerja guru melaksanakan pembelajaran sebesar 3,39 dengan kategori baik dan pada siklus 2 nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 8.75% menjadi 3,74 dengan kategori baik sekali. Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Pembelajaran Permainan Target Abstract This research aims to increase student learning activities by using the Cooperative Target Game Model. This research uses a classroom action research approach by carrying out 2 cycles. The use of the Cooperative Model of Target Games (Target Games) is able to increase student learning activities in the classroom. The use of the Cooperative Model of Target Games (Target Games) is able to improve teacher performance in the classroom, increasing by 8.75% to 3.74 in the very good category. Keywords: Student Learning Activities, Target Game Learning

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...