Koperasi BMT itQan Syariah adalah lembaga keuangan mikro berbasis koperasiyang berbadan hukum yang mengelola penghimpunan dana (maal) Islam. PihakBMT ItQan menghadapi permasalahan eksternal mulai dari kredit macet, anggotameninggal, anggota kabur, dan lain sebagainya. Sehingga diperlukan solusi untukmenghadapi situasi ini juga. Agar BMT dapat mencapai tujuan dalam memasarkanproduk pembiayaan murabahah, maka perlu menggunakan analisis SWOT untukmengukur kemampuan BMT dalam memasarkan produk di tengah persaingandengan BMT dan bank syariah lainnya. Pendapatan Pembiayaan Murabahahmerupakan salah satu pendapatan BMT. Sedangkan laba bersih adalah laba yangdiperoleh BMT. Latar belakang penelitian di latar belakangi karena pendapatan daripembiayaan murabahah Koperasi Syariah BMT ItQan, mengalami fluktuatif setiaptahunnya namun cenderung lebih banyak mengalami kenaikannya dibandingpenurunannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran BMTItQan berdasarkan analisis SWOT dan pengaruh pendapatan pembiayaanmurabahah terhadap laba bersih. Metode penelitian yang digunakan adalah metodedeskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini darihasil wawancara dan laporan keuangan yang dikeluarkan oleh Koperasi SyariahBMT ItQan, periode 2017-2019. Metode analisis yang digunakan adalah analisisregresi linier sederhana, analisis korelasi Pearson Product Moment, analisiskoefisien determinasi, dan pengujian hipotesis (uji-t). Hasil penelitianmenunjukkan bahwa pendapatan pembiayaan murabahah dengan nilai Thitung
Copyrights © 2021