cover
Contact Name
Agus Joharudin
Contact Email
agusjoharudin@uinsgd.ac.id
Phone
+6285861881790
Journal Mail Official
prestise@uinsgd.ac.id
Editorial Address
Jalan A.H Nasution No. 105, Cipadung, Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 28091930     EISSN : 28282671     DOI : 10.15575/prestise
The Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis is open access and peer-reviewed journal dedicated to publishing original research papers based on social services regarding Islamic economics and business issues. This journal is likewise committed to making the articles it publishes available to international academicians, researchers, practitioners, regulators, and public societies for free. The journal accepts rigorous empirical or theoretical research papers using any methodologies or approaches relevant to the Indonesian economy and business topics, as long as the research falls into one of three primary disciplines: economics, business, accounting, management and finance.
Articles 32 Documents
Pelatihan Analisis Common Size dalam Mengukur Kinerja Keuangan pada PT. BPRS PNM Mentari Tahun 2019-2020 Rahmi Nurul Aini; Arief Mulyawan Thoriq
Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/prestise.v1i2.17223

Abstract

Perkembangan bank syariah di Indonesia yang semakin pesat, memacu persainganyang ketat antara bank syariah dan bank konvensional dalam meningkatkan kinerjakeuangan agar dapat bertahan di pasar perbankan nasional Indonesia. Dalammeningkatkan kinerja keuangan bank, diperlukan suatu strategi keuangan agar bankmampu menghasilkan keuntungan dan dapat beroperasi secara optimal. Kinerjakeuangan merupakan gambaran atas pencapaian suatu perusahaan dalam berbagaiaktivitas yang telah dilakukan. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis laporankeuangan PT. BPRS PNM Mentari tahun 2019-2020 dengan menggunakan analisiscommon size untuk mengukur kinerja keuangan bank tersebut. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatankuantitaf. Hasil dari analisis common size menunjukkan bahwa kondisi bank dilihatdari laporan posisi keuangan yaitu kurang baik dan optimal dalam melakukanfunding sehingga berakibat pada likuiditas. Sedangkan dilihat dari laporan laba rugibahwa kinerja keuangan PT. BPRS PNM Mentari tahun 2020 dapat dikatakankurang baik. Meskipun pendapatan operasional bank mengalami peningkatan,namun laba tahun berjalan mengalami penurunan hal ini disebabkan karenakurangnya efisiensi yang dilakukan bank dalam mengelola aset yang dimilikisebagai beban usaha untuk mendapatkan keuntungan.Kata kunci: Kinerja Keuangan, Laporan Keuangan, Analisis Common Size
Peningkatan Kompetensi Bidang Akuntansi bagi Guru SMK yang Tergabung dalam MGMP Akuntansi Kabupaten Bandung Barat Yeti Apriliawati; Arry Irawan; Khozin Arief; Suji Abdullah Saleh
Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/prestise.v1i1.16645

Abstract

Kualitas sumber daya manusia (SDM) guru di bidang pendidikan vokasi memilikiperan penting dalam mencetak lulusan yang memiliki daya saing di industri.Sedangkan, masih banyak guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang belummemiliki sertifikat kompetensi keahlian. Berdasarkan permasalahan tersebut,terdapat beberapa solusi yang dapat dilakukan seperti melakukan kegiatanpelatihan guna menambah wawasan bagi guru SMK mengenai sertifikasikompetensi, menambah keterampilan bagi guru SMK bidang akuntansi sesuaidengan skema sertifikasi kompetensi, dan meningkatkan kemampuan mengajarpraktik melalui modul-modul praktikum yang sesuai dengan kondisi industri.Pelaksanaan program PKM ini akan dimulai dengan menyusun materi pelatihan,melaksanakan pre-test online, evaluasi hasil pre-test, pelatihan 5 unit kompetensisecara daring, melaksanakan simulasi uji kompetensi secara tatap muka langsung,memberikan hasil skoring simulasi, dan memberikan umpan balik terkait hasilskoring.Kata kunci: Sertifikasi Kompetensi; Sekolah Menengah Kejuruan; KompetensiAkuntansi
Analisis Implementasi Green Economy di Indonesia Andini Aisah; Faradisha Intan Rahmadia; Genistia Mentari; Iwan Permana
Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis Vol 3, No 1 (2023): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/prestise.v3i1.30446

Abstract

Green economy merupakan ekonomi yang menghasilkan kesejahteraan manusia yang lebih baik, menghasilkan keadilan sosial dan secara signifikan mengurangi resiko-resiko lingkungan dan kelangkaan-kelangkaan ekoligis. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penerapan green economy dalam kehidupan saat ini. Kajian ini juga membahas tentang implementasi dalam pengembangan green economy. Dalam kajian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif, yang mendeskripsikan bahwa pemerintah Indonesia dalam pengurangan emisi karbon yang semakin meningkat akibat berbagai kegiatan ekonomi seperti industri. Dalam hal tersebut pemerintah lebih mengedepankan dan mengutamakan berbagai aspek kelestarian lingkungan seperti peningkatan efesien dan efektivitas produksi dalam sumber daya, pengembangan bahan baku ramah lingkungan dan mengembangan produk hijau. Kata kunci: Green Economy, lingkungan
Optimalisasi Desa Wisata Melalui Unit Usaha Jasa Keuangan serta Pemasaran Wisata dan UMKM Muhammad Abdussalam; Muhammad Syahrul Kirom; Delly Nofiani; Siti Aminah; Tryana Hadi Wijaya
Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/prestise.v2i1.24197

Abstract

Dalam perekonomian desa wisata peningkatan program yang mendukung sangat diperlukan dengan upaya yang bisa menjadikan desa wisata terus berkembang dan juga memiliki daya tarik wisatawan yang tinggi. Desa wisata merupakan suatu wilayah pedesaan yang memiliki keunikan dan daya tarik yang khas (baik berupa daya tarik/keunikan fisik lingkungan alam pedesaan maupun kehidupan sosial budaya kemasyarakatan), yang dikelola dan dikemas secara alami dan menarik dengan pengembangan fasilitas pendukung wisata dalam suatu tata lingkungan yang harmonis dan pengelolaan yang baik dan terencana. Melalui unit usaha jasa keuangan akan membantu dalam pengelolaan manajemen keuangan serta pendapatan yang menjanjikan terhadap desa wisata sendiri. Pemasaran wisata dan UMKM menjadi poin penting untuk kemajuan desa wisata, karena dengan baiknya pemasaran maka desa wisata sendiri akan mudah dikenal oleh orang banyak dan menjadi daya tarik yang bisa meningkatkan perekonomian desa wisata. Penulis menggunakan jenis metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif langsung berinteraksi dengan objek fenomena yang terjadi melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi maka peningkatan perekonomian desa wisata melalui unit usaha jasa keuangan serta pemasaran wisata dan UMKM disajikan dengan data-data melalui pengabdian kepada masyarakat desa wisata.Kata kunci: Desa wisata; jasa keuangan; pemasaran.
Pengembangan Koperasi Pelajar Pondok Pesantren Modern Darul Mukhlisin Nur Aflah Gusman; Wawan Oktiwan; Arief Mulyawan
Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/prestise.v1i1.16650

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan unit usahakoperasi pelajar di Pondok Pesantren Modern Darul Mukhlisin, mengetahuidampak koperasi pelajar dalam meningkatkan perekonomian pondok, mengetahuidampak koperasi pelajar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.Metodologi yang digunakan adalah metode deskriptif dengan prosedur pemecahanmasalah yang memerlukan pendefinisian status subjek atau objek studi, yang dapatmencakup orang, institusi, komunitas, dan entitas lain yang saat ini didasarkan padafakta yang terlihat atau apa adanya. Penelitian yang dilakukan di Pondok PesantrenModern Darul Mukhlisin ini dilakukan penelti dengan beberapa proses dandikolaborasikan agar dapat menguntungkan bagi peneliti dan begitu juga bagikoperasi pelajar yang di teliti, proses yang dilakukan peneliti ialah perencanaantindakan, proses tindakan dan hasil dari tindakan. Dalam penelitian ini penelelitimemberi gagasan dan tidakan baru untuk menyelesaikan permasalahanpermasalahan yang ada di koperasi pelajar, diantara gagasan dan tidakan yang dilakukan peneliti seperti pintu masuk dan pintu keluar bagi pembeli dibedakan, agar memudahkan penanggung jawab koperasi dalam memeriksa santri yang masuk koperasi, peneliti memberikan masukan dalam pembuatan pembukuan yang sederhana dan mudah difahami agar administrasi dalam koperasi pelajar Pondok Pesantren Modern Darul Mukhlisin ini lebih tertata dengan rapih.Kata kunci: Pengembangan Koperasi, Metode deskriptif, Analisis data, Gagasanperencanaan baru.
PENYULUHAN MENGELOLA SUMBER DAYA INSANI (SDI) BAGI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DESA KARANG MUKTI KABUPATEN BEKASI Ahmad Gunawan; Tri Wahyu Wirjawan; Ucok Darmanto Soer
Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis Vol 3, No 2 (2023): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/prestise.v3i2.31731

Abstract

Penelitian ini membahas penyuluhan mengenai pengelolaan Sumber Daya Insani Sumber Daya Insani bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Karang Mukti. Desa tersebut memiliki potensi besar dalam sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), namun menghadapi tantangan dalam manajemen Sumber Daya Insani Sumber Daya Insani yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta karyawan terkait pengelolaan Sumber Daya Insani, dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tingkat desa. Materi penyuluhan mencakup perencanaan Sumber Daya Insani, pengembangan karyawan, komunikasi efektif, dan manajemen kinerja. Metode penyuluhan yang diusulkan melibatkan seminar, lokakarya, dan pelatihan langsung dengan melibatkan ahli lokal. Terdapat beberapa hasil positif dalam penelitian ini, di antaranya: Peningkatan pemahaman, perubahan praktis bisnis, peningkatan motivasi karyawan dan pembentukan jaringan dukungan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diharapkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Karang Mukti dapat mencapai efisiensi operasional yang lebih baik, meningkatkan motivasi karyawan, dan meningkatkan daya saing di pasar lokal dan regional.
Sosialisasi Pembiayaan Bangun Rumah BTN iB dengan Akad Murabahah di Bank Tabungan Negara Syariah Kantor Cabang Surapati Core Shofa Musyarofah; Yanyan Suryana; Ade Ponirah
Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis Vol 2, No 2 (2022): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/prestise.v2i2.24203

Abstract

Pembiayaan Bangun Rumah BTN iB dengan Akad Murabahah di Bank Tabungan Negara Syariah Kantor Cabang Surapati Core Berdasarkan hasil observasi, jumlah nasabah pembiayaan bangun rumah BTN iB dalam 5 tahun terakhir mengalami fluktuatif. Sehingga menarik minat penulis untuk meneliti lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana syarat, ketentuan, prosedur, analisa perhitungan margin dan akad yang diterapkan pada pembiayaan bangun rumah BTN iB di Bank BTN Syariah KCPS Surapati Core. Bank BTN Syariah KCPS Surapati Core merupakan unit usaha syariah dari PT Bank BTN Konvensional yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Beralamat di Jl. PHH. Mustapa, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung. Salah satu produk pembiayaan yang ditawarkan oleh Bank BTN Syariah KCPS Surapati Core yaitu pembiayaan bangun rumah BTN iB. Hasil penelitian mengenai pembiayaan bangun rumah BTN iB dengan akad murabahah di BTN Syariah KCPS Surapati Core yaitu terdapat 7 syarat dan 9 ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon nasabah pembiayaan bangun rumah BTN iB, terdapat 8 tahapan prosedur permohonan pengajuan yang melibatkan 5 pihak yaitu nasabah, financing service, branch head, komite pembiayaan konsumer dan notaris. Terdapat margin flat yang ditetapkan oleh pihak bank kepada nasabah sebesar 7% - 10 % per tahun sedangkan penerapan akad yang digunakan adalah akad murabahah.Kata kunci: Pembiayaan; Bangun Rumah BTN iB; Akad Murabahah.
Laporan Praktik Lapang Implementasi Jatidiri Koperasi Dan Analisis Swot Pada Koperasi Unit Desa Sawargi Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung Lorensius Hasa Buari; Adinda Syifanaura; Nanda Pramayasti Mulyadi; Hendrikus Fidelis Rendi; Abdul Hakim
Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/prestise.v1i2.17225

Abstract

Tanggung Jawab Sendiri (self responsibility) Tanggung jawab sendiri dimaknaisebagai cita-cita kemandirian dalam memecahkan masalah bersama dan juga citacita menegakkan kebebasan ekonomi dalam menentukan haluan koperasi. Jiwakemandirian yang tumbuh atas kesadaran sendiri sangat penting untuk bisamenolong diri sendiri dan akan menjadi kekuatan utama pada koperasi. Demokrasi(Democracy) Koperasi merupakan organisasi demokratis yang diawasi olehanggota dan mereka aktif terlihat dalam menetapkan kebijakan dan mengambilkeputusan. Demokrasi merupakan cita-cita yang berkaitan dengan pengelolaankoperasi sebagai koperasi ekonomi yang dimiliki dan dikendalikan oleh anggota.Hal ini bararti anggota koperasi terlihat secara aktif dalam menentukan haluan dansekaligus mengendalikan jalannya koperasi. Menentukan haluan danmengendalikan jalannya koperasi merupakan tanggung jawab anggota sebagaipemilik dan pengguna koperasi. Persamaan (Equality) Persamaan adalah nilai yangberkaitan dengan perlakuan yang sama bagi setiap anggota tanpa memandang besarkecilnya simpanan yang dimiliki oleh setiap anggota.Kata kunci: Koperasi, Analisis SWOT, Pengembangan Koperasi, Common Size
Peranan Marketplace dalam Upaya Meningkatkan Pangsa Pasar pada Kampung Tas dan Ransel Desa Margahayu Tengah Kabupaten Bandung Firman Asriadi; Rakhmia Nalibratawati
Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/prestise.v1i1.16646

Abstract

Dalam upaya memacu perkembangan dan pertumbuhan pelaku usaha kecil,diperlukan suatu cara atau metode tertentu untuk meningkatkan penjualan mereka.Salah satu upaya yang dilakukan adalah memanfaatkan media digital yang telahberkembang pesat penerapannya secara online oleh banyak pelaku usaha.Permasalahan yang muncul adalah bagaimana memilih dan menentukan mediayang paling efektif dalam rangka meningkatkan aktivitas pemasaran sehinggaomzet penjualan dapat meningkat secara signifikan. Untuk menjawabpermasalahan tersebut, penelitian ini bermaksud untuk mencoba menguji agardapat menemukan dan menetapkan media digital (marketplace) yang terbaik untukmedia pemasaran pelaku usaha tersebut, sehingga kegiatan pemasaran pelaku usahakecil dapat berjalan dengan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalahmetode deskriptif, yaitu penelitian untuk membuat gambaran umum mengenaisituasi atau kejadian. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk data primeradalah dengan cara observasi dan wawancara, sedangkan untuk data sekunderberdasarkan studi kepustakaan. Untuk membuktikan efektifitas media pemasarandigital berupa marketplace, maka diperlukan subyek penelitian yaitu pelaku usahakecil yang terlibat langsung dengan pemasaran online, pendekatan wawancara dantingkat keberhasilan mereka dalam penggunaan media digital (marketplace)tersebut. Melalui penelitian ini diharapkan pelaku usaha kecil dapat memilih secaraefektif penggunaan media digital (marketplace) dalam kegiatan pemasaran merekasehingga omzet penjualan mereka dapat meningkat. Penelitian mengambil lokasiatau obyek penelitian di Kampung Tas dan Ransel Desa Margahayu TengahKabupaten Bandung. Mengingat perilaku konsumen dan sosial budaya di kampungtersebut berbeda antara para pengrajin, tentunya harus dapat diukur atau diuji,apakah ada hubungan linier secara signifikan pemanfaatan marketplace dalamupaya peningkatan kegiatan pemasaran dan penjualan produk pelaku usaha.Kata kunci: Marketplace, Pelaku usaha kecil, Pangsa Pasar
Dampak Penggunaan Platform Digital Terhadap Perkembangan UMKM Indonesia Eva Shakira; Husna Karima Rahmawulan; Vemy Suci Asih
Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis Vol 3, No 1 (2023): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/prestise.v3i1.30447

Abstract

Transformasi digital dalam bisnis UMKM semakin berkembang pesat, mengubah perilaku manusia dan mempercepat proses digitalisasi. Maka dukungan Platform Digital terhadap UMKM harus ditingkatkan agar UMKM memiliki nilai tambah sehingga UMKM bisa naik kelas. Penelitian Perkembangan Platform Digital terhadap UMKM di Indonesia ini bertujuan agar mengetahui sejauh mana UMKM menggunakan Platform Digital untuk bertransaksi. Metode Penelitian ini menggunakan dua jenis Metode yaitu Metode Literatur dan Metode Kualitatif, dengan menggunakan studi Pustaka pada metode Literatur serta Teknik Observasi, penyebaran angket dan wawancara pada Metode Kualitatif untuk mengumpulkan data kepada 10 pengusaha UMKM di Kabupaten Bandung, Indoensia. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan platfrom digital terhadap UMKM hampir semua UMKM sudah menggunakan platform digital untuk bertransaksi. Dari Penelitian ini dapat diketahui bahwa melalui Platform Digital sebagai wadah untuk bertransaksi, UMKM mengalami perkembangan usaha. Kata kunci: Platform Digital, UMKM

Page 1 of 4 | Total Record : 32