Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management)
Vol.4 No.1 Mei Tahun 2022

ANALISIS TINGKAT PELAYANAN SEKTOR PELABUHAN DALAM MENUNJANG ARUS BONGKAR MUAT PELABUHAN FERI PENYEBERANGAN KENDARI-WAWONII DI KOTA KENDARI

La Ode Moh Iliyas (pascasarjana magister rekayasa)
Adris Putra Ade (Unknown)
Siti Nurjanah Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2022

Abstract

Melihatarus penumpang, distribusi barang/kendaraan, dan bongkar muat komoditas yang setiapwaktunya terus mengalami peningkatan dari tahun ketahun, sehingga dibutuhkan suatu pelayananpelabuhan yang mampu menunjang serta mewadahi guna mendukung kelancaran aktifitas bongkar muatdi pelabuhan penyeberangan Feri Kendari-Wawonii guna menciptakan produktivitas pelabuhan yangoptimal.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat pelayanan operasional sektor pelabuhandalam menunjang arus bongkar muat di pelabuhan Feri penyeberangan Kendari-Wawonii di KotaKendari; (2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kenaikan atau penurunankualitas pelayanan pada pelabuhan tersebut berdasarkan standar PELINDO; (3) Untuk mengetahuistrategi apa yang tepat untuk meningkatkan pelayanan sektor pelabuhan dalam menunjang arus bongkarmuat. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif sebagai penilaian standar PELINDO, CSI dan IPAdalam menentukan tingkat pelayanan pelabuhan sekaligus memberikan strategi-strategi yang dilakukandalam meningkatkan pelayanan pelabuhan.Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa: (1) tingkat pelayanan pelabuhan masuk dalam katagori puasdengan nilai 67%; (2) faktor-fakor yang mempengaruhi penurunan kualitas pelayanan berdasarakanPELINDO yaitu kurangnya pengawasan di area parkir dan pos jaga, tidak adanya CCTV pada jalurmasuk dan keluar, kurangnya kemampuan komputasi, biaya parkir yang mahal sedangkan yangmemberikan peningkatan ada pada ruang tunggu,loket tiket dan tempat parkir yang tersedia; (3) strategiyang dapat dilakukan untuk meningkatkan pelayanan pelabuhan adalah dengan cara memberikanperbaikan akses yang mudah dalam menuju pelabuhan kapal Feri, memberikan sosialisasi tentangpelayanan yang tidak memandang status sosial dan Peningkatan ketepatan waktu berupa kedisiplinanABK kapal dan staf-staf pelabuhan dalam melakukan bongkar muat pelabuhan agar tidak terjadinyaketerlambatan jadwal kapal dan kepadatan di terminal tunggu kendaraan.Kata Kunci: Tingkat Pelayanan, Pelabuhan, CSI, IPA, PELINDO.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMR

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Perancangan dan Pengukuran Kerja Manajemen Rekayasa Teknik Sipil Manajemen Rekayasa Teknik Elektro Manajemen Rekayasa Teknik Kelautan Manajemen Rekayasa Teknik Arsitektur Manajemen Rekayasa Teknik Mesin Manajemen Rekayasa Teknik Informatika Penelitian Operasional Analisis Ekonomi Teknik Rekayasa ...