cover
Contact Name
Muh. Nadzirin Anshari Nur
Contact Email
nadzirin@uho.ac.id
Phone
+6281342713802
Journal Mail Official
manajemen.rekayasa@uho.ac.id
Editorial Address
Jl. Mayjend S. Parman, Kendari Sulawesi Tenggara
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management)
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 26853752     DOI : http://dx.doi.org/10.33772/jmr.v5i2
Perancangan dan Pengukuran Kerja Manajemen Rekayasa Teknik Sipil Manajemen Rekayasa Teknik Elektro Manajemen Rekayasa Teknik Kelautan Manajemen Rekayasa Teknik Arsitektur Manajemen Rekayasa Teknik Mesin Manajemen Rekayasa Teknik Informatika Penelitian Operasional Analisis Ekonomi Teknik Rekayasa Fasilitas dan Manajemen Energi Rekayasa Kualitas dan Keandalan Rekayasa Operasi dan Manajemen Operasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sistem Informasi Rekayasa Perancangan dan Manufaktur Perancangan dan Pengembangan Produk Perancangan dan Rekayasa Sistem
Articles 55 Documents
ANALISIS PENJADWALAN PROYEK KONSTRUKSI DENGAN SIMULASI MONTE CARLO DAN PDM/PERT Ali Akbar1; Abdul Kadir2; Siti Nurjanah Ahmad3
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management) Vol 3 No 2 Oktober Tahun 2021
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/jmr.v3i2.23449

Abstract

Merencanakan jadwal yang efektif merupakan tantangan dalam membuat penjadwalan menjadi lebih optimal. Di dalam proyek konstruksi dikenal beberapa metode penjadwalan proyek, seperti penjadwalan deterministik dan probabilistik.Tujuan penelitian ini adalah (1) mampu menganalisa resiko dan menentukan respon resiko yang signifikan terhadap waktu, (2) mengetahui hasil penerapan respon resiko pada penjadwalan probabilistik, dan (3) mengetahui perbandingan hasil dari masing-masing metode. Pengumpulan data dilakukan dari 5 responden yang biasa menangani proyek konstruksi. Kemudian dilakukan analisis data, elaborasi dan komparasi dari metode PDM, Simulasi Monte Carlo, dan PERT.Hasil analisa resiko dengan metode Severity Index menunjukkan bahwa terdapat 5 resiko berkategori extreme yaitu perubahan desain, kekurangan tenaga terampil, pengaruh hujan dan cuaca buruk, jumlah pekerja kurang, dan kedisiplinan pekerja. Respon resiko yang diambil adalah mengurangi dampak resiko, yaitu keterlambatan waktu diestimasikan pada durasi penjadwalan probabilistik. Sedangkan hasil analisa penjadwalan proyek, untuk metode PDM diperoleh waktu selama 123 hari, Simulasi Monte Carlo  diperoleh 136 hari, dan PERT diperoleh 135 hari. Perbandingan analisa simulasi Monte Carlo dan PERT menunjukkan hasil yang hampir sama, serupa dengan hasil penelitian Jannah et al.(2018). Namun, pengaplikasian Simulasi Monte Carlo dengan Crystall Ball jauh lebih efektif dibandingkan PERT dengan Ms. Excel.Kata Kunci:  Penjadwalan Proyek, PDM, Simulasi Monte Carlo, dan PERT
KOMBINASI ANALISIS TEKNIS DAN ALGORITMA GRADIENT BOOSTING UNTUK MEMPREDIKSI INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN DANU SALAM; Mustarum Musaruddin; Hasmina Tari Mokui
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management) Vol.2 N0.2 Oktober 2020
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/jmr.v2i2.12564

Abstract

Saham merupakan surat berharga yang dapat diperdagangkan. Fluktuasi harga saham dapat dimanfaatkan oleh trader untuk mendapatkan keuntungan. Untuk melihat pergerakan harga saham dapat dilihat dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Pada penelitian ini bertujuan untuk memperediksi indeks harga saham gabungan dengan mengkombinasikan antara analisa tehnikal dan menggukan algoritma gradient boosting. Hasil eksperimen didapatkan perbedaan akurasi antara model dengan kombinasi dan tanpa kombinasi. Akurasi model kombinasi sebesar 86,79% dan RMSE sebesar 0,78, dibandingkan dengan model tanpa kombinasi akurasinya 74.60% dan RMSE 1,05%. Sedangkan dari F-test didapatkan, P-value sebesar 0. Nilai P<0,05 memiliki nilaisignifikansi penerimaan sehingga model yang diusulkan dapat diterima.Kata kunci: IHSG, Saham, Kombinasi, Analisa Tehnikal, Algoritma Gradient Boosting, Akurasi, Root Mean Squared Error (RMSE), P-Value
ANALISIS PENGEMBANGAN KAWASAN EKS MTQ SEBAGAI KAWASAN TERPADU DI KOTA KENDARI Arif Jaya Pamana; Ishak Kadir; Muh. Husni Kota; Ilham Ilham
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management) Vol.5 No.2 Oktober Tahun 2023
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/jmr.v5i2.47442

Abstract

Kawasan Eks MTQ menjadi sebuah ikonik Kota Kendari tetapi belum memberikan sebuah dampak yang besar bagi Kota Kendari khususnya dalam segi ekonomi. Kawasan Eks MTQ ini memilki banyak potensi yang dapat digali mulai dari potensi sebagai kawasan pusat perdagangan, pusat perkantoran, kuliner, hiburan , rekreasi, olahraga, edukasi, seni dan budaya yang mestinya dapat memberikan dampak besar apabila potensi ini dapat dikembangkan dalam hal ini menjadikanya sebagai kawasan terpadu di Kota Kendari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik dan potensi yang di miliki Kawasan Eks MTQ Kota Kendari sehingga dapat dirumuskan Konsep Pengembangan Kawasan Eks MTQ Kota Kendari Menjadi Kawasan Terpadu di Kota Kendari. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan validasi menggunakan teknik Triangulasi. Hasil dari penelitian ini di dapatkan bahwa kawasan Eks MTQ tersebut dapat dijadikan sebagai kawasan pusat perdagangan, pusat perkantoran, kuliner, hiburan , rekreasi, olahraga, edukasi, seni dan budaya sehingga bila dikembangakan nantinya dapat menjadi kawasan terpadu di Kota Kendari yang dapat mengakomodasi tuntutan aktivitas masyarakat sehingga dapat menjadi ruang publik yang berkualitas bagi Kota Kendari Kata Kunci : Potensi, Karakteristik, Konsep Pengembangan
PENGARUH KEBISINGAN LALU LINTAS TERHADAP TINGKAT KETERGANGGUAN INDIVIDU SISWA (Studi Kasus : SMPN 3 Kendari)) Sabta Nur Ibnu
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management) Vol. 1 No 2 Oktober 2019
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/jmr.v1i2.9262

Abstract

Noise are unwanted sounds from activities in certain level and certain time can cause health problem and environmental problem. Noise is an annoying thing in studying process, in long time intensity and certain level can be dangerous for health. Therefore, the education zone need a quiet environmet from noise including traffic noise.The goal of this research are to analyze the noise level from traffic activities in SMPN 3 Kendari, to analyze students perception about traffic noise in SMP Negeri 3 Kendari and to analyze the influence of noise level to student’s level of annoyance in SMPN 3 Kendari. The results of this research showed that the noise level from traffic activity in SMPN 3 Kendari has exceeded the standard noise limit for education zone with average Leq value are 77,5 dB. Students perception to traffic noise level are : not disturbed 30%, quite disturbed 41%, moderately disturbed 19%, disturbed 8%, and very disturbed 2%.The noise level has a significant influence to students annoyance level with regression model: Y = 2·10-11 X6.1553 and R2 value = 0.5837 with noise level as independent variable (X) and annoyance level as dependent variable (Y).Keywords: Noise, Annoyance, School
MANAJEMEN PENGELOLAAN PELAYANAN TAKSI ONLINE DAN TAKSI KONVENSIONAL DI KOTA KENDARI Vivin Hardyanty; Adris Ade Putra; Siti Nurjanah Ahmad
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management) Vol.4 No.2 Oktober Tahun 2022
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/jmr.v4i2.27307

Abstract

Taksi merupakan salah satu transportasi angkutan umum berkapasitas kecil yang sering masyarakat gunakan dalam kegiatan sehari-hari khususnya di Kota Kendari. Terdapat dua jenis taksi yang menjadi sarana transportasi masyarakat yaitu taksi online dan taksi konvensional. Taksi konvensional adalah alat transportasi darat roda empat yang memiliki jumlah penumpang lebih dari satu orang yang dapat mengantarkan penumpang sesuai tujuan yang diinginkan, sedangkan taksi online adalah transportasi umum yang memanfaatkan teknologi berbasis aplikasi online untuk pemesanan dan pembayaran. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis tingkat kinerja dari taksi online dan taksi konvensional, Mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa taksi online dan taksi konvensional, Menganalisis perbedaan tingkat kinerja dan tingkat kepuasan pengguna jasa taksi konvesional dan taksi online, Mengetahui manajemen pengelolaan berdasarkan tingkat kinerja dari taksi online dan taksi konvensional. Analisis yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Berdasarkan analisis nilai rata-rata tingkat kinerja dan tingkat kepentingan taksi konvensional lebih baik dari taksi online. Berdasarkan analisis Tingkat kepuasan pengguna jasa setelah dilakukan analisis data dengan menggunakan motode Customer Satisfaction Index (CSI) pengguna jasa pada taksi online dinilai sangat puas dengan kinerja yang diberikan sedangkan untuk taksi konvensional pengguna jasa merasa puas atas pelayanan yang diberikan.Kata kunci : Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction index (CSI).
EVALUASI KAPASITAS DAN KINERJA RUAS JALAN STUDI KASUS JALAN ABDULAH SILONDAE KEC. MANDONGA Asdar Slamet; Basrami Dwi Putra
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management) Vol. 1, No 1 Mei 2019
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/jmr.v1i1.6446

Abstract

This paper presents the results of the research performance roads Abdullah silondae ( depan Mall Mandonga )that in terms of the volume of traffic flow, the capacity and the degree of saturation. Calculation analysis and planning in this research using methods MKJI 1997. The withdrawal of the primary data in the form of geometric figure the road, the volume of traffic, obstacles aside , and speed obtained directly in the location of research, while secondary data obtained from the Badan Pusat Statistik (BPS) and the Dinas Pekerjaan Umum in the form of the population data and the site plan research sites.Based on the results of research on Abdullah Silondae roads in Kota kendari by using the MKJI 2014 obtained volume the top daily an average of 2722 smp/hours in segments 1 and 2712 in segments 2, with capacity of roads 3107.6 smp / hours. The degree of saturation (DS) as much as 0,875 in segments 1 and 0,872 in segments 2 with level of service category "E" on both segments. The results of the projection in the year 2024 showed the value of a larger DS, 1.33 on segments 1 and 2 with a level of service on "F". For it conducted an analysis that are supposed to be improving the performance of Abdullah Silondae in 2024 with change of geometric designs to four lanes undivided two way 2 (4 UD) with wide lanes effectively 3.5 meters per strip, making been gained capacity roads as much as 5809, 2 smp/hour on both segments with the DS value i.e 0.71 on segment 1 and 0,70 on segment 2.Key words: Road Performance, Degrees of Saturation, Level of Service
RANCANG BANGUN WEB SERVICE SIAKADBETA UNIVERSITAS HALU OLEO UNTUK MENDUKUNG ABSENSI PERKULIAHAN MENGGUNAKAN QR CODE BERBASIS ANDROID La Surimi; Adha Mashur Sajiah; Natalis Ransi; Jumadil Nangi; L. M. Fid Aksara
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management) Vol.3 No. 1 Mei Tahun 2021
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/jmr.v3i1.23623

Abstract

Absensi perkuliahan merupakan laporan yang sangat penting untuk mendukung mutu pendidikan yang lebih baik. Pengelolaan absensi perkuliahan secara manual memiliki banyak kekurangan, diantaranya yaitu daftar absensi yang rentan hilang, waktu absen yang lama, mudah dimanipulasi dan proses rekap kehadiran yang sulit. Dalam penelitian ini sistem absensi dikembangkan menggunakan scan QR code melalui aplikasi berbasis android dan modul pengelolaan absensi utama di Siakadbeta berbasis website. Komunikasi antara aplikasi absensi digital android dengan Siakadbeta yang berbasis website dilakukan melalui web service Siakadbeta. Web service ini bertugas menerima/menyiapkan data dari/untuk aplikasi android. Hasil pengujian waktu proses absen yang dilakukan terhadap dua tahap yaitu waktu untuk melakukan scan QR code dengan nilai rata-rata 0,731 detik serta proses melakukan request werb service absensi dengan nilai rata-rata 0,646 detik. Total waktu yang dibutuhkan adalah rata-rata 1,377 detik. Waktu absen yang sangat cepat (saat pengujian dalam kondisi ideal) bahkan dengan kondisi di lapangan yang memungkinkan terjadi deviasi waktu yang lebih lama proses absen ini sangatlah efisien. Setelah data absensi tersimpan di data digital proses rekapan dan pengaksesan data absensi yang telah ada sangatlah cepat dan mudah.Kata kunci; Web Service, Absen, Siakadbeta, Android, QR Code
ANALISIS PERSEPSI PENUMPANG TERHADAP TINGKAT PELAYANAN ANGKUTAN PERDESAAN DI KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN M Reza Amri; Abdul Kadir
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management) Vol.3 No. 1 Mei Tahun 2021
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/jmr.v3i1.18204

Abstract

Angkutan Umum adalah angkutan penumpang yang dilakukan dengan sistem sewa atau bayar. Dalam hal ini, angkutan pedesaan memegang peranan yang cukup penting dalam pergerakan orang dan barang yang menggunakan jasa angkutan umum. Hal ini sangat berarti bagi penduduk di Kabupaten Konawe Kepulauan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat persepsi penumpang terhadap layanan angkutan perdesaan di Kabupaten Konawe Kepulauan dan untuk mengetahui persepsi berbasis gender dari pengguna angkutan. Desain penelitian yang dilaksanakan adalah dengan metode survey. Pemilihan sample dilakukan dengan cara Accidental Sampling sebanyak 100 sample. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif statistik serta penarikan keasimpulan dilakukan dengan metode Servqual dan Importance-Performance Analysis dan Chi Square. Hasil menunjukkan bahwa variable Tangible dan Assurance berada di kategori kepuasan tingkat “cukup” baik analisis Servqual dan Importance Performace Analysis. Selanjutnya hasil IPA dan SERVQUAL menjelaskan bahwa variable Reliability, Responsiveness, dan Empathy berada di kategori “Kurang”. 3 Variabel yang dianggap memuaskan dan juga penting bagi para pengguna angkutan perdesaan adalah “Tangible” dan “Assurance”. Sedangkan, variable “Reliability” adalah variable yang dianggap “Kurang” dari segi Kepuasan dan Kepentingan. Selain itu, hasil dari pengujian Chi Square menunjukkan bahwa tidak ada hubungan signifikan antara variable gender dan tingkat kepuasan dari pengguna angkutan perdesaan.Kata Kunci :Layanan Transport, SERVQUAL, Imporance-Performance Analysis 
KAJIAN GEOMETRIK JALAN TERHADAP TINGKAT KESELAMATAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN PROVINSI (STUDI KASUS JALAN BATAS KAB. MUNA/KAB. BUTON TENGAH – WAARA– WAMENGKOLI) Harmunadin Harmunadin; Edward Ngii; Thahir Azikin
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management) Vol.2 No.1 Mei Tahun 2020
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/jmr.v2i1.13950

Abstract

Keselamatan berlalu lintas oleh pengguna jalan merupakan tujuan dari UU No. 22 Tahun 2009 dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 11/PRT/M/2010. Salah satu faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan umum diakibatkan oleh kondisi jalan yang terkait dengan desain geometrik jalan. Kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan provinsi di Kabupaten Buton Tengah dengan panjang 38,60 km pada spot-spot tertentu sering terjadi kecelakaan lalu lintas sesuai dengan data aktual kecelakaan lalu lintas dari Satlantas Kota Bau-Bau telah mengalami peningkatan kecelakaan yang sangat signifikan dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2018.Tujuan dari penelitian ini adalah prioritas perbaikan geometrik jalan oleh penyelenggara jalan pada spot-spot yang sering terjadi kecelakaan lalu lintas. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah Metode Analisis Hierarki Proses yang dikembangkan oleh Thomas L Saaty (1970), dengan mengambil data aktual kecelakaan lalu lintas pada Satlantas Kota Bau-Bau dan data existing geometrik jalan pada spot-spot yang sering terjadi kecelakaan lalu lintas. Hasil    perhitungan  menyimpulkan bahwa skala prioritas perbaikan geomertik jalan yaitu     alinyemen    horisontal 31,75%, penampang melintang 24,29%, alinyemen vertikal 22,43% dan jarak pandang 21,53%. Prioritas perbaikan geomertik jalan dalam upaya  mengurangi potensi kecelakaan   lalu lintas di jalan provinsi di Kabupaten Buton Tengah    oleh penyelenggara     jalan harus  dilakukan  secara bertahap disesuaikan   dengan kemampuan anggaran dari pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.   Kata kunci : Geometrik jalan, Keselamatan lalu lintas, Prioritas perbaikan
ANALISIS PENJADWALAN PROYEK DENGAN METODE PERT (STUDI KASUS PADA PEKERJAAN REHABILITASI JALAN RA. KARTINI KOTA KENDARI) Ida Sutianingsih; Siti Nurjanah Ahmad; Nasrul Nasrul
Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal of Engineering Management) Vol 5, No 1: Mei Tahun 2023
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/jmr.v5i1.43303

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis Menganalisis penjadwalan proyek Rehabilitasi Jalan RA. Kartini, Kendari Sulawesi Tenggara, dengan Metode PERT (Program Evaluation and Review Technigue). Sampel yang digunakan sebanyak 4 orang yang terlibat dalam proyek dan analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan desain alur kerja (network planning). Hasil penelitian diperoleh bahwa Penjadwalan proyek Rehabilitasi Jalan RA. Kartini, Kendari Sulawesi Tenggara, dengan Metode PERT (Program Evaluation and Review Technigue) membantu dalam mempercepat pelaksanaan dengan menghemat waktu kerja sampai 12 hari kerja. Hal ini dilihat dari penjadwalan tanpa menggunakan metode PERT pada pekerjaan Rehabilitasi Jalan RA. Kartini – Kendari, Sulawesi Tenggara menghasilkan waktu pelaksanaan proyek selama 120 hari dan menggunakan metode PERT selama 108 hari. Jika melihat perbandingan jadwal menggunakan metode PERT selama 108 hari kerja dengan jadwal existing proyek yaitu selama 120 hari kerja, pada pekerjaan Rehabilitasi Jalan RA. Kartini – Kendari, Sulawesi Tenggara , maka jadwal rencana menggunakan PERT jauh lebih cepat daripada realisasi pelaksanaan proyek. Kemungkinan (probability) proyek selesai pada target yang diinginkan TD= 120 hari adalah sebesar 74,22%. Kata Kunci: Penjadwalan Proyek, Metode PERT