JianE (Jurnal Ilmu Administrasi Negara)
Vol 4 No 2 (2022): JianE: Jurnal Ilmu Administrasi Negara

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) PADA MASA PANDEMIDI SEKOLAH DASAR INPRES MOTAMARO KECAMATAN RAIMANUK KABUPATEN BELU

Raimunda Lasi (Universitas Timor)
Anita Lassa (Universitas Timor)
Marthen Patiung (Universitas Timor)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran daring dalam masa pandemi dan untuk mendeskripsikan faktor penghambat pembelajaran daring dalam masa pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini di Sekolah Dasar Inpres Motamaro Kecamatan Raimanuk Kabupaten Belu. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan keseluruhan perolehan dari hasil angket respon siswa adalah dengan jumlah total persentase 73,81% masuk dalam kriteria interpretasi (61 – 80%) dengan kategori baik, artinya implementasi pembelajaran dari pada masa pandemi covid 19 berjalan dengan efektif dan tidak mengurangi esensi dari proses belajar mengajar yang seharusnya pada jenjang sekolah dasar Motamaro. Faktor penghambat dari pembelajaran daring pada masa pandemi terdiri dari beberapa faktor yaitu a) faktor ketersediaan perangkat dan jaringan oleh orang tua dan siswa, b) keterbatasan pengetahuan penggunaan aplikasi oleh guru dan orangtua, c) keterbasatan sosial ekonomi orangtua dan siswa terkait dengan pendanaan pembelajaran daring masa pandemi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIANE

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JianE (Jurnal Administrasi Negara) diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Timor. JianE menyediakan media untuk mempublikasikan artikel ilmiah dengan fokus kajian pada isu-isu kebijakan dan manajemen publik, manajemen sumber daya ...