Jurnal Ekonomi Islam
Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL EKONOMI ISLAM

EFEKTIVITAS STRATEGI PEMASARAN ONLINE DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA KURSUS MENJAHIT LUTHFIAH)

Ahda Segati (Unknown)
Salsabila Azzahra (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pemasaran online ditinjau dari perspektif Ekonomi Islam serta manfaat dan kendala penggunaan strategi promosi online pada Kursus Menjahit Luthfiah. Penelitian ini bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan di bidang pemasaran, terutama mengenai strategi pemasaran online. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Kursus Menjahit Luthfiah menggunakan strategi pemasaran dengan sarana periklanan menggunakan media online. Dalam hal ini media yang digunakan adalah Instagram, WhatsApp, dan Google. Dengan menggunakan media online sebagai strategi pemasaran Kursus Menjahit Luthfiah berjalan efektif dikarenakan bertambahnya profit yang didapat oleh Kursus Menjahit Luthfiah. Terutama pada era globalisasi sekarang maka dengan strategi pemasaran online sangat membantu setiap perusahaan dalam mencapai tujuannya. Oleh karena itu, efektivitas strategi pemasaran online dalam meningkatkan profit dikatakan optimal. Kursus Menjahit Luthfiah telah sesuai dengan prinsip Ekonomi Islam yaitu Shiddiq, Amanah, Fathanah, dan Tabligh dengan menggunakan strategi pemasaran Islami yaitu keaslian produk, kesesuaian harga, menghindari promosi palsu, dan kesesuaian tempat. Terdapat manfaat pemasaran online yang meliputi jangkauannya luas, memudahkan berinteraksi, dan meningkatkan keuntungan. Kendala pemasaran online meliputi sumber daya manusia yang belum mumpuni dan terdapat fitur berbayar yang terbatas penggunaannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jeijournal

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Ekonomi Islam merupakan jurnal penelitian dalam disiplin ilmu ekonomi Islam dan isu-isu ekonomi syariah yang diharapkan dapat memberikan kontribusi baru atau state-of-the-art untuk pengembangan akademik atau aplikasi dunia nyata, atau keduanya. Jurnal ini memuat artikel penelitian asli, ...