cover
Contact Name
-
Contact Email
imsya.lp2m@gmail.com
Phone
+6281276962930
Journal Mail Official
imsya.lp2m@gmail.com
Editorial Address
Jl. Soekarno Hatta, Kec. Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau Kontak : - Delima Afriyanti (0812-7696-2930) - Herdifa Pratama (0852-6532-7185) Email : imsya.lp2m@gmail.com http://ojs.stai-imsya.ac.id/index.php/jeijournal/index
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Islam
ISSN : -     EISSN : 30327016     DOI : https://doi.org/10.56184/jeijournal.v1i1.243
Jurnal Ekonomi Islam merupakan jurnal penelitian dalam disiplin ilmu ekonomi Islam dan isu-isu ekonomi syariah yang diharapkan dapat memberikan kontribusi baru atau state-of-the-art untuk pengembangan akademik atau aplikasi dunia nyata, atau keduanya. Jurnal ini memuat artikel penelitian asli, antara lain: Ekonomi Islam, Kewirausahaan Islam, Manajemen dan Keuangan Islam, Etika Bisnis Islam, Manajemen Investasi Islam, Manajemen Risiko Bank Islam, Pengelolaan Dana Bank Islam, Akuntansi Islam, Pembiayaan Bank Islam, Manajemen Zakat dan Wakaf, Pasar Modal Syariah.
Articles 13 Documents
PERSEPSI MASYARAKAT KOTA PEKANBARU TERHADAP LAYANAN DIGITAL PERBANKAN SYARIAH M Arie Pradina; Trian Zulhadi; Nurnasrina Nurnasrina
JEI : Jurnal Ekonomi Islam Vol. 1 No. 1 (2023): JURNAL EKONOMI ISLAM
Publisher : LP2M STAI Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jeijournal.v1i1.239

Abstract

Perkembangan perbankan syariah di Indonesia terkesan lamban karena pengelolaan yang kurang profesional dan pengembangan perbankan syariah oleh masyarakatnya sendiri, karena masih ada umat Islam yang belum memahami ekonomi syariah atau belum mempraktekkannya dalam transaksi bisnis dan keuangan sehari-hari. . Pesatnya perkembangan teknologi mempengaruhi perubahan perilaku masyarakat dan pelayanan publik termasuk perbankan memberikan kemudahan dalam bentuk layanan digital. Namun, kendala modal dan regulasi menyebabkan terbatasnya layanan digital yang tersedia di perbankan syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis layanan digital apa saja yang ada di perbankan syariah, layanan digital perbankan syariah apa saja yang banyak digunakan, dan bagaimana tanggapan masyarakat terhadap layanan tersebut Layanan digital di perbankan syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, objek penelitiannya adalah penduduk kota Pekanbaru kecamatan Binawidya yang berjumlah 203.238 orang dengan sampel menggunakan metode slovin dengan teknik random sampling, data meliputi primer dan sekunder. data. teknik pengumpulan melalui observasi, wawancara dan kuesioner serta menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan analisis kualitatif dengan metode SEM-PLS. Dari hasil penelitian diketahui bahwa bentuk perbankan digital dalam Syariah meliputi phone banking, SMS banking, mobile banking, ATM. Layanan digital yang dominan digunakan adalah Mobile Banking. Untuk persepsi warga Pekanbaru terhadap layanan perbankan syariah digital berbasis data pada hasil nilai konvergen, nilai diskriminan, rentang akar kuadrat, Cronbach Alpha, composite reliability, R squared, R squared adjusted, baik. Hasil ini sesuai dengan uji SEM-PLS, yang diperoleh nilai koefisien pengalaman (0,190) t-statistik (2,319) nilai p (0,020), nilai koefisien permintaan satu arah (0,212) t-statistik (2,628) p ( 0,009), nilai koefisien minat sebesar (0,210) t-statistik (3,155) nilai p-value (0,002), nilai koefisien minat sebesar (0,214) nilai t-statistik (2,110) nilai p (0,035), nilai koefisien fisiologis sebesar (0,252) ) t-statistik (3,033) nilai p (0,002). Oleh karena itu, dapat dibayangkan bahwa pengalaman, kebutuhan searah, preferensi, perhatian dan fisiologi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap layanan digital di perbankan syariah.
ANALISIS DAMPAK JUDI ONLINE SLOT DALAM PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH Bobby Ferly
JEI : Jurnal Ekonomi Islam Vol. 1 No. 1 (2023): JURNAL EKONOMI ISLAM
Publisher : LP2M STAI Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jeijournal.v1i1.243

Abstract

Dengan perkembangan teknologi, perjudian kini telah berpindah ke tempat yang sedikit lebih elit. Kemajuan teknologi telah mengubah cara perjudian dimainkan. Sekarang, judi tidak harus bersembunyi seperti dulu. Hanya dengan duduk di depan komputer dengan koneksi internet, kita bisa memainkan game-game terlarang tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan dan menganalisis komunitas judi online, (2) reaksi keluarga terhadap pelaku judi online, (3) dampak judi online terhadap menurun nilai-nilai sosial di masyarakat. . Lokasi penelitian ini adalah Warung Ocu di Desa Pandau Jaya, Siak Hulu, Kab. Kampar, Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa judi online memperlemah nilai-nilai sosial masyarakat. Ini termasuk penurunan nilai material, yaitu ketika pelaku kehilangan uang dalam perjudian online, mereka kehabisan uang. Nilai penting adalah jika pelaku kalah dalam bermain game judi online, tindakan pelaku adalah menjaminkan barangnya. Nilai agamanya juga ketika menang judi online, para pelaku memanfaatkannya untuk mabuk-mabukan.
ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MAHASISWA DENGAN METODE SWOT DAN QSPM (STUDI KASUS PADA USAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH STIES IMAM ASY SYAFII PEKANBARU) Tri Widya Yulandari; Febri Kusuma
JEI : Jurnal Ekonomi Islam Vol. 1 No. 1 (2023): JURNAL EKONOMI ISLAM
Publisher : LP2M STAI Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jeijournal.v1i1.248

Abstract

Saat ini Indonesia semakin gencar menumbuhkan jiwa kewirausahaan generasi muda terkhusus lagi mahasiswa dengan terus menggerakkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Imam Asy Syafii Pekanbaru (STIESIAS Pekanbaru) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah di Kota Pekanbaru yang turut andil untuk melahirkan wirausahawan muda Indonesia. Saat ini, sebanyak 11 mahasiswa angkatan 2018 Program Studi Ekonomi Syariah STIESIAS Pekanbaru telah menjalankan usaha dalam bidang fashion, kuliner, skincare, jasa, dan distributor logam mulia. Akan tetapi, usaha tersebut masih tergolong muda karena baru berusia kurang dari 5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi usaha mahasiswa berdasarkan hasil analisis SWOT dan mengetahui prioritas strategi alternatif pengembangan usaha mahasiswa berdasarkan QSPM. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode SWOT dan QSPM. Berdasarkan hasil analisis SWOT, diketahui bahwasanya posisi usaha mahasiswa berada pada kuadran 1 (strategi agresif) yang menghasilkan tujuh strategi alternatif, yaitu mengembangkan jenis produk dengan memanfaatkan tren pasar yang sedang berkembang, menyediakan berbagai pilihan platform agar mudah diakses oleh konsumen, memberikan pelayanan yang prima untuk menjaga loyalitas konsumen, memberikan harga yang kompetitif dengan memaksimalkan nilai tambah, mempertahankan atau meningkatkan kualitas produk secara konsisten, menjalankan strategi bisnis online secara efektif dan efisien, dan meningkatkan kinerja SDM. Berdasarkan QSPM, tiga prioritas strategi alternatif untuk pengembangan usaha mahasiswa adalah menjalankan strategi bisnis online secara efektif dan efisien (SO6) dengan nilai TAS sebesar 5,217, mengembangkan jenis produk dengan memanfaatkan tren pasar yang sedang berkembang (SO1) dengan nilai TAS sebesar 4,838, dan memberikan pelayanan yang prima untuk menjaga loyalitas konsumen (SO3) dengan nilai TAS sebesar 4,539. Peneliti berharap agar mahasiswa dapat mempertimbangkan penggunaan alternatif strategi yang telah didapatkan dari penelitian ini, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan adanya dapat menganalisis faktor dan variabel lain yang belum dituliskan dalam penelitian ini.
PASAR PERSAINGAN SEMPURNA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Rahmad Hidayah; Muhammad Naufal Anshory; Muhammad Rifki Fadhillah; Nurlaili Jannati
JEI : Jurnal Ekonomi Islam Vol. 1 No. 1 (2023): JURNAL EKONOMI ISLAM
Publisher : LP2M STAI Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jeijournal.v1i1.252

Abstract

Tulisan ini menggambarkan pasar persaingan sempurna pada sudut pandang Islam, dimana Adam Smith mengatakan bahwa ada campur tangan yang tidak terlihat yang memerintah permintaan dan penawaran secara berurutan. Namun kini, teori itu menghilang begitu saja karena adanya kekuatan pasar di pasar. Tulisan ini membahas tentang ciri-ciri pasar persaingan sempurna; struktur pasar Islam; milik Islam pandangan yang terkait dengan pasar persaingan sempurna serta membandingkan konsep konvensional dan konsep Islam terkait pasar persaingan sempurna. Campur tangan yang tidak dapat terlihat ketika strukturnya pasar tersebut merupakan pasar persaingan sempurna. Ciri-cirinya pasar adalah produk homogen, pengetahuan sempurna, output relatif kecil, pengambil harga dan bebas masuk dan keluar. Demikianlah ciri-ciri dapat ditemukan di dalamnya Pasar Islam, karena dalam Islam, pasar mempunyai aturan bagaimana permintaan dan pasokan saling mempengaruhi. Monopolistik dilarang, dan banyak hal yang dilarang dapat menciptakan kekuatan pasar dilarang. Ibnu Taimiyah mengatakan, pasar Islami yaitu pasar persaingan sempurna. Fakta itu menunjukkan kepada kita bahwa Islam itu benar merupakan cara terbaik dalam setiap kehidupan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Studi Literature yang bersumber dari website.
IMPLEMENTASI PROGRAM BAZNAS KOTA PEKANBARU PADA KESEJAHTERAAN MUSTAHIK Delima Afriyanti; Ahda Segati
JEI : Jurnal Ekonomi Islam Vol. 1 No. 1 (2023): JURNAL EKONOMI ISLAM
Publisher : LP2M STAI Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jeijournal.v1i1.256

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan mustahik dilihat dari keberhasilan program-program yang diterapkan oleh BAZNAS Kota Pekanbaru. Jenis penelitian merupakan field research dengan metode yang digunakan studi kasus instrumental tunggal. Hasil kajian menunjukkan bahwa implementasi program Baznas Kota Pekanbaru sudah mampu meningkatkan kesejahteraan mustahiq, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pendapatan mustahik. Peningkatan pendapatan dapat membantu memenuhi kebutuhan primer (Dharuriyat) dan kebutuhan sekunder (Hajiyat), sedangkan pada kebutuhan tersier (Tahsiniyat) belum terpenuhi. Hasil peningkatan kesejahteraan ini juga di dukung dengan implementasi Program Pekanbaru Makmur, Pekanbaru Peduli dan Pekanbaru Sehat, dimana mustahik mampu memenuhi kebutuhan dasar dan peningkatan ekonominya melalui bantuan barang, modal usaha hingga hewan ternak. Adanya program pekanbaru makmur, pekanbaru peduli dan pekanbaru sehat memberikan dampak positif bagi mustahiq yaitu mustahik menjadi mandiri dan produktif dalam memajukan ekonominya dengan adanya usaha dan mustahiq bisa menabung uang dari hasil usahanya dan merubah statusnya menjadi muzakki.
PENGARUH PROMOSI DAN SERTIFIKASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI KASUS PT. MAHKOTA SUKSES INDONESIA) Ahda Segati; Hilma Dina
JEI : Jurnal Ekonomi Islam Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL EKONOMI ISLAM
Publisher : LP2M STAI Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jeijournal.v1i2.277

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh promosi dan sertifikasi halal terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk MSI. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuensioner. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen MSI dan sample untuk responder penelitian diperoleh menggunakan pendapat sugiyanto (2011:91) dengan rumus unknown population (basra, 2014) yaitu 100 responder. Data dalam penelitian ini di peroleh menggunakan analisis regresi liner berganda dengan program SPSS versi 26. Teknik analisis penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara persial variabel promosi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. sedangkan sertifikasi halal (X2) tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Secara simultan promosi dan sertifikasi halal secara bersama berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Kedua variabel ini memiliki pengaruh sebesar 47,4% terhadap keputusan pembelian konsumen produk MSI dan sisanya 52,6% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak di bahas di penelitian ini.
PENGARUH METODE PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY (COD) PADA E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS KAMPUNG HARAPAN KELURAHAN BAGAN SINEMBAH KOTA) Ahda Segati; Rudi Edwaldo Jasmit; Irma Kurniati
JEI : Jurnal Ekonomi Islam Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL EKONOMI ISLAM
Publisher : LP2M STAI Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jeijournal.v1i2.283

Abstract

Di zaman modern ini terjadi peningkatan dalam sistem produksi, konsumsi, dan distribusi dengan berbagai bentuk yang disediakan dan mengandung nilai efisiensi salah satunya sistem COD pada E-Commerce. Sehingga terjadi peningkatan minat masyarakat dalam hal mengkonsumsi sesuatu khususnya masyarakat Kampung Harapan Kelurahan Bagan Sinembah Kota yang dibuktikan dengan hasil penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode pembayaran Cash On Delivery (COD) pada E-Commerce terhadap perilaku konsumsi masyarakat kampung harapan kelurahan bagan sinembah kota, dalam perspektif ekonomi islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif dan korelasional, dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dan kemudian dilanjutkan dengan bantuan SPSS 29.0 dengan jumlah populasi penelitian sebanyak 234 orang, dan sampel yang digunakan sebanyak 70 orang, dan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket berbentuk Skala Likert yang dimodifikasi sesuai kegunaaan. Angket disusun berdasarkan variabel, variabel X 10 item dan variabel Y 8 item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar kontribusi variabel X terhadap variabel Y adalah 30,1%, dan 69,99% ditentukan oleh yang lain. positif dan signifikan antara kedua variabel, terlihat bahwa nilai koefisien korelasi pada taraf signifikan 5% yaitu rhitung = 0,001 rtabel = 0,361, yang mana apabila r hitung < r tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Tinjauan Hukum Ekonomi Islam terhadap Sistem COD (Cash On Delivery) ini hukumnya dibolehkan, karena dalam jual beli ini tidak termasuk kedalam jual-beli yang dilarang dalam Islam, sistem ini juga telah mengikuti kompilasi hukum ekonomi Islam mengenai hak khiyar yang tersedia di dalamnya, dan ini termasuk ke dalam jenis bai’ut Taqsit.
EFEKTIVITAS STRATEGI PEMASARAN ONLINE DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA KURSUS MENJAHIT LUTHFIAH) Ahda Segati; Salsabila Azzahra
JEI : Jurnal Ekonomi Islam Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL EKONOMI ISLAM
Publisher : LP2M STAI Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jeijournal.v1i2.303

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pemasaran online ditinjau dari perspektif Ekonomi Islam serta manfaat dan kendala penggunaan strategi promosi online pada Kursus Menjahit Luthfiah. Penelitian ini bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan di bidang pemasaran, terutama mengenai strategi pemasaran online. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Kursus Menjahit Luthfiah menggunakan strategi pemasaran dengan sarana periklanan menggunakan media online. Dalam hal ini media yang digunakan adalah Instagram, WhatsApp, dan Google. Dengan menggunakan media online sebagai strategi pemasaran Kursus Menjahit Luthfiah berjalan efektif dikarenakan bertambahnya profit yang didapat oleh Kursus Menjahit Luthfiah. Terutama pada era globalisasi sekarang maka dengan strategi pemasaran online sangat membantu setiap perusahaan dalam mencapai tujuannya. Oleh karena itu, efektivitas strategi pemasaran online dalam meningkatkan profit dikatakan optimal. Kursus Menjahit Luthfiah telah sesuai dengan prinsip Ekonomi Islam yaitu Shiddiq, Amanah, Fathanah, dan Tabligh dengan menggunakan strategi pemasaran Islami yaitu keaslian produk, kesesuaian harga, menghindari promosi palsu, dan kesesuaian tempat. Terdapat manfaat pemasaran online yang meliputi jangkauannya luas, memudahkan berinteraksi, dan meningkatkan keuntungan. Kendala pemasaran online meliputi sumber daya manusia yang belum mumpuni dan terdapat fitur berbayar yang terbatas penggunaannya.
ANALISIS PENYEBAB DAN PENANGANAN KRISIS MONETER YANG DILAKUKAN PEMERINTAH PADA KRISIS GLOBAL: ANALISIS PENYEBAB DAN PENANGANAN KRISIS MONETER YANG DILAKUKAN PEMERINTAH PADA KRISIS GLOBAL Annisa Fadhilah Saleh
JEI : Jurnal Ekonomi Islam Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL EKONOMI ISLAM
Publisher : LP2M STAI Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jeijournal.v1i2.308

Abstract

Di era globalisasi, perekonomian semakin terintegrasi dengan kecepatan teknologi informasi. Dalam waktu yang sangat singkat, krisis finansial yang terjadi di Amerika menyebar dengan sangat cepat ke negara-negara lain, menjadi permasalahan yang cukup serius, berdampak pada perekonomian secara finansial. Krisis tahun 2008 merupakan krisis keuangan global terburuk dalam 80 tahun terakhir. Krisis awal yang disebabkan oleh subprime mortgage di Amerika Serikat terbukti berdampak internasional. Itu sebabnya para pemimpin negara berusaha meremehkan krisis ini dengan mengadakan pertemuan yang dihadiri oleh G20. G20 adalah sekelompok negara dengan perekonomian terkemuka di dunia.
KRISIS MONETER 2008: PERAN PEMERINTAH DAN KEBIJAKAN ISLAM Disyah Adelia; Ghina Rizki Zaidah; Maya Eka Rahma Sari
JEI : Jurnal Ekonomi Islam Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL EKONOMI ISLAM
Publisher : LP2M STAI Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jeijournal.v1i2.316

Abstract

The monetary crisis in the United States in 2008 was caused by credit problems in the property sector which resulted in several financial institutions going bankrupt. This problem has an impact on the global economy. The aim of this research is to analyze monetary events in 2008 and the solutions provided by the government, as well as solutions that can be applied from an Islamic perspective. This research uses library research, so the method used is library research. Literature study searches using journals, books, documents, magazines and other sources without any field research. The research results show that the government's role is very necessary in overcoming the monetary crisis. With this, the government and central bank are making efforts to overcome the crisis by reallocating the budget, reducing the prices of basic commodities which have become expensive. Meanwhile, the solution if a monetary crisis occurs is not to apply an interest system in financing and to apply zakat to overcome economic problems.

Page 1 of 2 | Total Record : 13