ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Vol. 3 No. 3 (2023): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran

Kohesi Leksikal Pada Iklan Minuman di YouTube

Munika Nendriyani (Munika Nendriyani)
Atiqa Sabardilla (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang teori kohesi leksikal dengan cara mencari bentuk kohesi leksikal yang terdapat di dalam iklan minuman dan mengetahui fungsi digunakannya kohesi leksikal yang terdapat di dalam iklan minuman di YouTube. Subjek dalam penelitian ini adalah iklan minuman . Adapun salah satu kriteria dalam menentukan subjek penelitian adalah iklan-iklan yang dianalisis harus mengandung unsur-unsur kohesi leksikal. Adapun jenis data yang terdapat dalam penelitian ini adalah data-data berupa tindak tutur dalam wacana iklan yang terdapat dalam sejumlah kalimat iklan minuman yang mengandung penanda kohesi leksikal. Sumber data diperoleh dari YouTube yang sudah terdokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak, teknik dokumentasi, teknik telaah isi dan teknik catat. Instrumen yang digunakan adalah:YouTube, buku catatan dan peneliti. Berdasarkan hasil analisis data, disimpukan bahwa penggunaan kohesi leksikal yang paling banyak digunakan dalam iklan minuman dalam penelitian ini adalah penggunaan bentuk repetisi. Sehingga dari 3 unsur kohesi leksikal, terdapat 5 bentuk repetisi yang paling dominan digunakan dalam iklan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alinea

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Bale Literasi dengan e-ISSN: 2809-4204. Saat ini, ALENIA menjadi wadah bagi peneliti, dosen dan pemerhati bahasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang bahasa dan sastra (lokal dan asing), ...