IDEA: Jurnal Seni Pertunjukan
Vol 17, No 2 (2023): Vol 17, No 2 (2023)

NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NASKAH DRAMA UTANG KARYA SANTO ANGSA

Alexsander Johan Chris Biantono (Pendidikan Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.)
Nur Iswantara (Unknown)
Dilla Octavianingrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter pada naskah drama Utang karya Santo Angsa. Pendidikan karakter menjadi pembelajaran penting dalam mengembangkan potensi dan penanaman akhlak pada peserta didik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pendidikan merupakan hal mendasar yang harus dimiliki setiap insan dalam menumbuhkan karakter. Nilai-nilai pendidikan karakter dapat ditanamkan melalui pembiasaan atas hal-hal baik yang diajarkan dari kecil oleh orang tua, tenaga pengajar, maupun pengalaman yang dialami. Pengalaman terhadap hal-hal yang dilihat dan dirasakan dari suatu peristiwa pergelaran hiburan juga dapat menjadi rangsangan individu untuk dapat menghayatinya sebagai perenungan dalam diri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui teknik analisis struktural dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik baca-catat dan analisis isi. Metode ini memberikan fokus penelitian pada penafsiran isi pesan yang terkandung dalam naskah drama Utang karya Santo Angsa. Naskah drama Utang karya Santo Angsa memiliki nilai-nilai pendidikan karakter jujur, religius, toleransi dan kerja keras. Oleh karena itu Naskah drama Utang dapat dipilih menjadi bahan ajaran yang positif bagi kehidupan sehari-hari. Kata kunci: nilai pendidikan karakter, naskah drama, utang, deskriptifThis study aims to determine the values of character education in the drama script Debt by Santo Angsa. Character education becomes important learning in developing potential and inculcating morals in students. Thus it can be said that education is a fundamental thing that must be owned by every human being in growing character. The values of character education can be instilled through habituation of good things taught from childhood by parents, teaching staff, and experiences. Experience of things that are seen and felt from an entertainment performance event can also be an individual stimulus to be able to live it as a self-reflection. The research method used is qualitative research. Data obtained through structural analysis techniques and interviews. The data obtained were then analyzed using note-taking and content analysis techniques. This method provides a research focus on the interpretation of the message contained in the play Debt by Santo Angsa. The drama script Debt by Santo Angsa has character education values of honesty, religion, tolerance and hard work. Therefore, the drama script Debt can be chosen as positive teaching material for everyday life.Keywords: value of character education, dramatic script, utang, descriptive

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IDEA

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Other

Description

IDEA draws its contributions from academics and practitioner-researchers at the interface of the performing arts. It acts as a forum for critical study, innovative practice, and creative pedagogy, addressing themes that may be domain-specific (e.g., dance, music, theatre, puppets, karawitan, ...