IDEA: Jurnal Seni Pertunjukan
Vol 17, No 2 (2023): Vol 17, No 2 (2023)

Pemanfaatan Software Sibelius: Interakasi Teknologi Komputasi sebagai Media Kreativitas Siswa

Yosinda Salsa Bela Pangestuti (Pendidikan Musik Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta)
Tri Wahyu Widodo (Pendidikan Musik Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta)
Endang Ismudiati (Pendidikan Musik Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2023

Abstract

Kurangnya kemampuan menulis notasi musik dapat membatasi siswa dalam berkreatifitas dan berekspresi. Hal tersebut dikarenakan menulis notasi musik juga menjadi media bagi musisi dalam mengkomunikasikan karya musik mereka selain melalui pertunjukan. Seperti di SMKN 3 Sukawati, kemampuan menulis skor notasi musik dengan software Sibelius merupakan kemampuan yang penting untuk dikuasai siswa. Terutama sebagai bekal pengetahuan siswa untuk memenuhi salah satu syarat ujian di kelas XI yakni menulis skor musik. Meskipun begitu, siswa di sekolah tersebut memiliki keterbatasan kemampuan dalam menulis notasi musik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk membahas mengenai interaksi siswa dalam menggunakan software Sibelius untuk membantu siswa menguasai keahlian menulis notasi musik. Penelitian ini juga memiliki tujuan untuk mendeskripsikan proses dan dampak dari penggunaan software Sibelius pada pendalaman materi notasi musik dan solfegio dalam mata pelajaran Musik Teknologi kelas XI di SMKN 3 Sukawati Gianyar. Jenis penelitian yang digunakan yakni kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun dari penelitian yang didapatkan yakni bahwa pemanfaatan teknologi komputasi dalam menggunakan software Sibeius memberikan dampak pada kreatifitas siswa di sekolah dalam menulis notasi musik dan melati solfegio. Sibelius Software: Interaction of Computing Technology as a Media for Student’s CreativityThe lack of ability to write music notation can limit student's creativity and expression. It is because writing music notation is also a medium for musicians to communicate their musical works beside through performances. As in SMKN 3 Sukawati, the ability to write music notation scores with Sibelius software is an important skill for students to master. Especially as a provision for student’s knowledge to fulfill one of the final exam requirements, that is writing music scores. However, students of the scool have limited ability to write musical notation. Therefore, this research was conducted to discuss student interaction in using Sibelius software to help them master the skills of writing music notation. The aim of this study is to describe the process and impact of using Sibelius software in deepening musical notation and solfegio materials in Music Technology class of SMKN 3 Sukawati Gianyar. The type of research used is qualitative with a case study approach. As for the result, it was found that the use of computational technology in using the Sibeius software had an impact on the creativity of students at school in writing musical notation and solfegio.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IDEA

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Other

Description

IDEA draws its contributions from academics and practitioner-researchers at the interface of the performing arts. It acts as a forum for critical study, innovative practice, and creative pedagogy, addressing themes that may be domain-specific (e.g., dance, music, theatre, puppets, karawitan, ...