IDEA: Jurnal Seni Pertunjukan
Vol 17, No 2 (2023): Vol 17, No 2 (2023)

PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 PANDAAN PASURUAN

Rr. Hervin Sheylla Prawirahati (Pendidikan Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta)
Dilla Octavianingrum (Pendidikan Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta)
Hana Permata Heldisari (Pendidikan Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar seni musik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Negeri 1 Pandaan Pasuruan sebanyak 76 siswa dari populasi sebanyak 325 siswa. Pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan juga uji regresi linear sederhana. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil analisis statistik deskriptif rata-rata motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata penerimaan reward dan punishment berada pada kategori sedang. Dari hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa metode reward dan punishment memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa dalam materi seni musik di SMP Negeri 1 Pandaan Pasuruan. Hal ini didukung dengan adanya hasil t hitung > t tabel (5,168 > 1,692) dan f hitung > f tabel (26,707 > 4, 144). Sedangkan dari R Square sebesar 0,447 membuktikan bahwa reward dan punishment mempengaruhi motivasi belajar sebesar 44,7%.Kata kunci: reward dan punishment, motivasi belajar, seni musik The purpose of this research is to describe the effect of reward and punishment on motivation to learn music art. The method used in this research is descriptive quantitative. The sample used in this research was 76 students of Pandaan Pasuruan Public Middle School 1 from a population of 325 students. The analysis used in this research is using descriptive statistical analysis and simple linear regression test. Data collection uses a questionnaire with a Likert scale that has been tested for validity and reliability. From the results of the descriptive statistical analysis, the average student learning motivation is in the high category, while the average acceptance of rewards and punishment is in the medium category. The results of the simple linear regression test show that the reward and punishment method has a significant effect on student motivation in the art of music at SMP Negeri 1 Pandaan Pasuruan. This is supported by the results of t count > t table (5.168 > 1.692) and f count > f table (26.707 > 4.144). Meanwhile, the R Square of 0.447 proves that reward and punishment affect learning motivation by 44.7%.keywords: reward and punishment, motivation to learn, music art

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IDEA

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Other

Description

IDEA draws its contributions from academics and practitioner-researchers at the interface of the performing arts. It acts as a forum for critical study, innovative practice, and creative pedagogy, addressing themes that may be domain-specific (e.g., dance, music, theatre, puppets, karawitan, ...