UG Journal
Vol 16, No 10 (2022)

PROTOTYPE APLIKASI E-LEARNING BERBASIS ANDROID MEMANFAATKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN TRANSPORTASI UMUM KOTA JAKARTA

Parno Parno (Universitas Gunadarma)
Rifka Vinka Avilya Putri (Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2023

Abstract

Dalam perkembangannya Augmented Reality digunakan sebagai media pembelajaran interaktif untuk memberi informasi secara 3D agar proses pembelajaran tidak membosankan dan menyenangkan. Pembuatan Prototype Aplikasi E-Learning Berbasis Android Untuk Pembelajaran Alat Transportasi Kota Jakarta memanfaatkan teknologi Augmented Reality ini bertujuan untuk memperkenalkan transportasi umum yang ada di Kota Jakarta kepada siswa baik siswa SD maupun SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode SDLC (System Development Life Cycle) model waterfall, dimana setiap tahapan sistem akan dikerjakan secara berurutan menurun mulai dari perencanaan, analisis, perancangan, pengkodean dan uji coba. Pada Protoype Aplikasi sementara terdapat lima marker untuk menampilkan objek 3D dan hanya beroperasi pada smartphone android. Berdasarkan uji coba aplikasi terhadap 14 smartphone android dapat disimpulkan bahwa Prototypr Aplikasi E-Learning memanfaatkan Teknologi Augmented Reality untuk pembelajaran Transportasi Umum Kota Jakarta Berbasis Android dapat berjalan dengan baik dan seluruh tombol dapat berfungsi dengan baik pula.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ugjournal

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions

Description

UG Jurnal merupakan kumpulan jurnal penelitian dari semua fakultas yang ditulis oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Gunadarma. UG Jurnal terbit tiap sebulan sekali dan tiap bulannya memuat jurnal dari berbagai ...