Jurnal Pengabdian Kompetitif
Vol 2 No 2 (2023)

LITERASI MEDIA SOSIAL DALAM PROMOSI PRODUK PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA GRAHA PERMAI DI KELURAHAN TUAH KARYA KECAMATAN TUAH MADANI

Hadiyati Hadiyati (Universitas Lancang Kuning)
Fatkhurahman Fatkhurahman (Universitas Lancang Kuning)
Arizal N (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2024

Abstract

Pentingnya pengetahuan tentang promosi produk melalui media sosial sangat penting, terutama dalam konteks bisnis modern. Media sosial adalah platform dengan jutaan pengguna aktif harian. Pengetahuan tentang cara memanfaatkan platform ini akan membantu mencapai audiens yang lebih luas dan berinteraksi dengan mereka secara lebih efektif. Dunia bisnis semakin digital. Jika tidak memahami media sosial, mungkin tertinggal dalam pemasaran dan promosi produk. Pengetahuan ini memungkinkan untuk tetap relevan dalam era digital. Tim pengabdian mengagendakan pelatihan cara mengelola akun media sosial dalam berwirausaha dengan maksud anggota kelompok mendapatkan pendapatan atau penjualan yang mereka hasilkan sehingga daya saing usaha semakin baik. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan penjelasan arti pentingnya media sosial dan promosi melalui media sosial melalui ceramah; Melaksanakan demonstrasi cara mengelola akun dan membuat konten yang dihasilkan dengan maksud membuka wawasan anggota dalam menghasilkan konten kreatif; Memberikan saran ide kreatif seperti apa dari masing-masing produk dipromosikan anggota kelompok dalam bentuk Tanya jawab. Berdasarkan hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan sebelum dan setelah dilaksanakan kegiatan terjadinya peningkatan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan anggota KUB Graha permai dalam literasi media sosial, dimana sebagian besar dari anggota mengetahui perkembangan dan jenis media sosial yang dapat digunakan untuk promosi produk. Kedua mereka memahami fungsi dan manfaat yang potensial pada setiapa media sosial yang ada dan ketiga mereka sudah mulai mampu membuat konten kreatif pada media sosial dan ini menunjukkan perubahan kemampuan mereka dalam menggunakan media sosial dalam promosi produk..

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pengabdian_kompetif

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kompetitif (ISSN Online: 2830-0661) diterbitkan oleh Komunitas Manajemen Kompetitif. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan Nopember. Jurnal ini berisi artikel-artikel seperti karya ilmiah (riset dan non-penelitian), studi analitis, aplikasi teoritis dan ulasan ...