AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam
VOL.1 NO.1 2021

Peranan Bank Sampah Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dalam Tinjauan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Bank Sampah di Desa Sabang Subik Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar)




Article Info

Publish Date
25 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran bank sampah bersinar siwaliparri di Desa Sabang Subik dalam pemberdayaan ekonomi nasabah ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Sumber data yang digunakan iyalah data primer dan data sekunder, pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi langsung, wawancara dan dokumentasi kepada informan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemenuhan kebutuhan pokok, peningkatan pendapatan, peningkatan kemandirian, dan keamanan kebersihan lingkungan. Mekanisme pengelolaan bank sampah bersinar iyalah dimana masyarakat mengumpulkan sampah, dan dipungut oleh tim bank sampah kemudian ditimbang dan dicatat kebuku rekening nasabah setelah itu, tim bank sampah memilah sampah tersebut kemudian dijual kepengepil, Peran bank sampah bersinar siwaliparri sangat baik dengan mengelola dan memilah sampah untuk dijadikan sebuah barang yang bernilai ekonomis, sehingga mampu meningkatkan perekonomian nasabahnya. Dalam islam juga mengajarkan kepada kita untuk selalu menjaga kebersihan, dengan terbentuknya bank sampah ini kebersihan itu mulai terpenuhi.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

attawazun

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

At Tawazun adalah jurnal ekonomi Islam yang fokus kajian tentang pemikiran ekonomi Islam yang mencakup beberapa bidang kajian seperti jual beli, sewa, gadai, bagi hasil, serta perkembangan transaksi ekonomi seperti jual beli e-commers. Sehingga jurnal ini diharapkan mampu memberikan khasanah ...