AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam
VOL.1 NO.1 2021

Implementasi Profit and Loss Sharing Berbasis Al-adl Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani Bawang Merah (Di Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang)




Article Info

Publish Date
26 Feb 2021

Abstract

ABSTRAK- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi profit and loss sharing berbasis al-adl dalam meningkatkan kesejahteraan petani bawang merah di Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagi hasil dilakukan menurut kebiasaan masyarakat setempat hanya secara lisan tanpa saksi atas unsur kepercayaan sedangkan waktu berakhirnya perjanjian tidak disebutkan pada saat akad. Presentase bagi hasil sudah di tentukan pada saat akad sesuai kontribusi kedua belah pihak. Penerapan Al-adl dalam kerjasama antara pemilik lahan dan penggarap menerapkan keadilan dalam bermuamalah dengan menjalankan kewajibannya sehingga memperoleh hak berupa hasil sesuai dengan presentase yang telah disepakati. Hasil kerjasama pertanian telah memberikan banyak manfaat bagi kesejahteraan petani. Pendapatan yang dj peroleh dari bagi hasil pertanian dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, biaya pendidikan, kesehatan sampai pada pemenuhan kebutuhan tempat tinggal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

attawazun

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

At Tawazun adalah jurnal ekonomi Islam yang fokus kajian tentang pemikiran ekonomi Islam yang mencakup beberapa bidang kajian seperti jual beli, sewa, gadai, bagi hasil, serta perkembangan transaksi ekonomi seperti jual beli e-commers. Sehingga jurnal ini diharapkan mampu memberikan khasanah ...