AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam
Vol 2 No 2 (2022): AGUSTUS

KONSEP HARGA LELANG TERHADAP BARANG GADAI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA PT.PEGADAIAN SYARIAH UJUNG BULU DI KABUPATEN BULUKUMBA)




Article Info

Publish Date
23 Nov 2022

Abstract

Skripsi ini membahas tentang konsep harga lelang terhadap barang gadai dalam perspektif ekonomi islam adapun Pokok masalah penelitian yaitu 1) Bagaimana mekanisme penetapan harga lelang barang gadai di PT.Pegadaian Syariah Ujung Bulu di Kabupaten Bulukumba?, 2) Bagaimana penerapan konsep harga lelang pada PT. Pengadaian Syariah Ujung Bulu di Kabupaten Bulukumba menurut perspektif ekonomi Islam?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian. penelitian deskriptif kualitatif yaitu memaparkan obyek secara khusus dan realistis apa yang tengah terjadi sesuai dengan keberadaan dan informasi data yang ditemukan di PT.Pegadaian Syariah Ujung Bulu di Kabupaten Bulukumba. Peneliti melakukan wawancara untuk menggali informasi tentang Konsep Harga Lelang Menurut Presepektif Ekonomi Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Konsep harga lelang di Pegadaian Syariah Ujung Bulu di Kabupaten Bulukumba sudah menggunakan prinsip syariah, dimana jika barang jaminan nasabah sudah jatuh tempo pihak pegadaian memberitahukan kepada pihak nasabah bahwa barang jaminan sudah jatuh tempo, tetapi pihak nasabah tidak melakukan perpanjangan maka pihak pegadaian syariah melakukan lelang. Penerapan Mekanisme penetapan harga lelang barang jaminan di sudah menggunakan prinsip syariah karena pegadaian syariah dalam menetapkan harga terlebih dahulu melihat harga dasar lelang Emas yaitu melakukan surve ke pasar setempat dan pasar pusat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

attawazun

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

At Tawazun adalah jurnal ekonomi Islam yang fokus kajian tentang pemikiran ekonomi Islam yang mencakup beberapa bidang kajian seperti jual beli, sewa, gadai, bagi hasil, serta perkembangan transaksi ekonomi seperti jual beli e-commers. Sehingga jurnal ini diharapkan mampu memberikan khasanah ...