AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam
Vol 3 No 1 (2023): April

Kesesuaian Syariah pada Bisnis Multi Level Marketing PT. Jafra Cosmetics (Berdasarkan Fatwa DSN MUI No.75/DSN/MUI/VII/2009)




Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji sistem bisnis MLM pada PT. Jafra Cosmetics sekaligus penerapan kesesuaian syariah bisnis MLM PT. Jafra Cosmetics berdasarkan fatwa DSN MUI No.75/DSN-MUI/VII/2009. Penelitian ini menggunakan dua metode yaitu observasi dan wawancara. Kemucian data tersebut diuji menggunakan keabsahan data penelitian yaitu triangulasi data dan triangulasi teori. Penulis berhasil mewawancari 11 narasumber. Informan dalam penelitian ini adalah para leader yang menjalankan bisnis PT. Jafra Cosmetics. Hasil penelian menunjukkan bahwa bisnis MLM pada PT. Jafra Cosmetics berdasarkan fatwa DSN MUI No. 75/DSN-MUI/VII/2009 belum sesuai dengan fatwa DSN MUI. Padahal seharusnya implementasi fatwa DSN MUI sudah sejalan dengan praktiknya karena PT. Jafra Cosmetics telah memiliki sertifikat halal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

attawazun

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

At Tawazun adalah jurnal ekonomi Islam yang fokus kajian tentang pemikiran ekonomi Islam yang mencakup beberapa bidang kajian seperti jual beli, sewa, gadai, bagi hasil, serta perkembangan transaksi ekonomi seperti jual beli e-commers. Sehingga jurnal ini diharapkan mampu memberikan khasanah ...