AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam
Vol 2 No 3 (2022): Desember

Analisis Strategi Marketing Syariah Terhadap Usaha Pedagang Kaki Lima Dalam Meningkatkan Penjualan Di Lapangan Syekh Yusuf Kabupaten Gowa




Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang di lakukan oleh usaha pedagang kaki lima di lapangan syekh yusuf dan apa kendala-kendala yang terjadi dalam proses pemasaran yang di lakukan pedagang kaki lima di lapangan syekh yusuf kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan sumber data yang di gunakan adalah data primer dan data sekunder,selanjutnya metode pengumpulan data yang di lakukan adalah berupa kata-kata,gambar dan bukan angka.Uji keabsahan data yang di gunakan ialah metode Triangulasi dan peningkatan ketekunan yang selanjutnya melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pedagang kaki lima di lapangan syekh yusuf dalam melakukan peningkatan penjualan belum sepenuhnya memenuhi kriteria yang telah di anjurkan dalam Islam.Dimana barang-barang yang mereka jual belum memiliki sertifikat halal dan belum tentu aman untuk di gunakan oleh konsumen. Akan tetapi jika di lihat dari segi makanan pedagang kaki lima di lapangan syekh yusuf mereka menjual mkanan yang tidak mengandung zat-zat yang berbahaya, mengutamakan kebersihan dan juga tidak melakukan hal-hal yang di larang dalam agama Islam seperti riba,maysir,gharar dalam memasarkan barang. Kepada pedagang kaki lima untuk terus menjaga dan meningkatkan strategi mereka dalam berdagang agar dapat bertahan di setiap persaingan sebagai motivasi agar mampu bertahan untuk terus berusaha.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

attawazun

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

At Tawazun adalah jurnal ekonomi Islam yang fokus kajian tentang pemikiran ekonomi Islam yang mencakup beberapa bidang kajian seperti jual beli, sewa, gadai, bagi hasil, serta perkembangan transaksi ekonomi seperti jual beli e-commers. Sehingga jurnal ini diharapkan mampu memberikan khasanah ...