Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang di lakukan oleh usaha pedagang kaki lima di lapangan syekh yusuf dan apa kendala-kendala yang terjadi dalam proses pemasaran yang di lakukan pedagang kaki lima di lapangan syekh yusuf kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan sumber data yang di gunakan adalah data primer dan data sekunder,selanjutnya metode pengumpulan data yang di lakukan adalah berupa kata-kata,gambar dan bukan angka.Uji keabsahan data yang di gunakan ialah metode Triangulasi dan peningkatan ketekunan yang selanjutnya melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pedagang kaki lima di lapangan syekh yusuf dalam melakukan peningkatan penjualan belum sepenuhnya memenuhi kriteria yang telah di anjurkan dalam Islam.Dimana barang-barang yang mereka jual belum memiliki sertifikat halal dan belum tentu aman untuk di gunakan oleh konsumen. Akan tetapi jika di lihat dari segi makanan pedagang kaki lima di lapangan syekh yusuf mereka menjual mkanan yang tidak mengandung zat-zat yang berbahaya, mengutamakan kebersihan dan juga tidak melakukan hal-hal yang di larang dalam agama Islam seperti riba,maysir,gharar dalam memasarkan barang. Kepada pedagang kaki lima untuk terus menjaga dan meningkatkan strategi mereka dalam berdagang agar dapat bertahan di setiap persaingan sebagai motivasi agar mampu bertahan untuk terus berusaha.
Copyrights © 2022