AT TAWAZUN: Jurnal Ekonomi Islam
Vol 3 No 3 (2023): Desember

Perilaku Impulse Buying Generasi Z di Mall Panakkukang (Analisis Teori Konsumsi Imam Al-Ghazali)




Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku Impulse Buying Generasi Z pada pembelian produk di Mall Panakkukang Makassar. Pada penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenalogi.Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari lapangan yakni observasi, wawancara. Hasil Penelitian menunjukka bahwa perilaku konsumen Generasi Z di Mall Panakkukang melakukan Impulse Buying dengan tipe Impulse Murni dan Impulse Saran mereka membeli karena kemauan sendiri beberapa juga karena adanya dorongan dari teman dan mereka melakukan pembelian karena mengikuti trend dengan istilah Fomo atau ikut-ikutan.Pakar Ekonomi Islam memandang perilaku Impulse Buying bahwa sebenarnya perilaku tersebut sangat tidak relevan dan sangat berbanding terbalik dengan teori yang dikemukakan Imam Al-Ghazali tersebut. Berdasarkan hasil temuan bahwa dari konsumen ini belum mengetahui teori konsumsi Imam Al-Ghazali itu seperti apa dan tentu mereka belum menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

attawazun

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

At Tawazun adalah jurnal ekonomi Islam yang fokus kajian tentang pemikiran ekonomi Islam yang mencakup beberapa bidang kajian seperti jual beli, sewa, gadai, bagi hasil, serta perkembangan transaksi ekonomi seperti jual beli e-commers. Sehingga jurnal ini diharapkan mampu memberikan khasanah ...