Experiment: Journal of Science Education


Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Pada Materi Gelombang Bunyi Pada Pembelajaran Menggunakan Laboratorium Virtual Berbasis Web

Nurhasanah Nurhasanah (Universitas Mataram)
Sutrio Sutrio (Universitas Mataram)
Makhrus Makhrus (Universitas Mataram)
Susilawati Susilawati (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik pada kegiatan pembelajaran pada materi gelombang bunyi menggunakan laboratorium virtual berbasis web. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalen Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 6 Mataram dengan sampelnya yaitu peserta didik kelas XI MIPA 2 dengan jumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelasĀ  XI MIPA 3 dengan jumlah 30 peserta didik sebagai kelas control yang dipilih dengan tekhnik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik pada saat kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan disetiap pertemuan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

experiment

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Experiment: Journal of Science Education published twice a year since March 2021. This journal is published by Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of early childhood education to publish ...