Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Bhakti
Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis Tri Bhakti

PENGARUH KUALITAS JASA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. INDAH LOGISTIK CARGO BANTAR GEBANG

Abdullah Safei (STIE TRI BHAKTI)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Menghadapi era yang penuh dengan ketidakpastian, seperti yang saat terjadi, menuntut seluruh entitas bisnis untuk menelurkan kreativitas yang tinggi, agar organisasi tetap dapat terus relevan dengan perkembangan yang terjadi. Tidak terkecuali di indutri jasa kurir. Persaingan yang semakin sengit dan berdarah-darah, ditambah dengan kemunculan kompetitor bak cendawan dimusim hujan, menuntut perusahaan yang bergerak di industri tersebut untuk selalu berinovasi dalam rangka memotivasi karyawannya agar terjadi peningkatan kualitas layanan demi kepuasan pelanggan. Tak terkecuali dengan apa yang dialami oleh PT. Indah Logistik Cargo. Sebagai perusahaan yang bergerak di industri jasa kurir, tentunya PT. Indah Logisik Cargo harus mengutamakan kepuasan pelanggan, dengan cara terus menerus meotivasi karyawannya, supaya bekerja secara optimal dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa dan motivasi kerja terhadap kepuasan pelanggan. Metode penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan incidental sampling sebanyak 77 responden yang merupakan pelanggan PT Indah Logistik Cargo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas jasa (X1), motivasi kerja (X2), serta kualitas jasa (X1) dan motivasi kerja (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan koefisien determinan (R2) sebesar 77,3%. Kata Kunci: kepuasan pelanggan, kualitas jasa, logistik, motivasi kerja

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Bisnis Tri Bhakti direncanakan terbit pertama kali pada bulan Februari 2022 dengan frekuensi terbit berkala dua kali setahun, yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Jurnal ini merupakan media publikasi hasil penelitian yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu ...