Menghadapi era yang penuh dengan ketidakpastian, seperti yang saat terjadi, menuntut seluruh entitas bisnis untuk menelurkan kreativitas yang tinggi, agar organisasi tetap dapat terus relevan dengan perkembangan yang terjadi. Tidak terkecuali di indutri jasa kurir. Persaingan yang semakin sengit dan berdarah-darah, ditambah dengan kemunculan kompetitor bak cendawan dimusim hujan, menuntut perusahaan yang bergerak di industri tersebut untuk selalu berinovasi dalam rangka memotivasi karyawannya agar terjadi peningkatan kualitas layanan demi kepuasan pelanggan. Tak terkecuali dengan apa yang dialami oleh PT. Indah Logistik Cargo. Sebagai perusahaan yang bergerak di industri jasa kurir, tentunya PT. Indah Logisik Cargo harus mengutamakan kepuasan pelanggan, dengan cara terus menerus meotivasi karyawannya, supaya bekerja secara optimal dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa dan motivasi kerja terhadap kepuasan pelanggan. Metode penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan incidental sampling sebanyak 77 responden yang merupakan pelanggan PT Indah Logistik Cargo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas jasa (X1), motivasi kerja (X2), serta kualitas jasa (X1) dan motivasi kerja (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan koefisien determinan (R2) sebesar 77,3%. Kata Kunci: kepuasan pelanggan, kualitas jasa, logistik, motivasi kerja
Copyrights © 2022