cover
Contact Name
Eddy Setyanto
Contact Email
eddy.setyanto@stietribhakti.ac.id
Phone
+628159750009
Journal Mail Official
jmb@stietribhakti.ac.id
Editorial Address
Jl. Cut Mutia No.24, RT.002/RW.001, Sepanjang Jaya, Kec. Rawalumbu, Bekasi, Provinsi Jawa Barat, 17114
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Bhakti
ISSN : 28281128     EISSN : 28290070     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Manajemen Bisnis Tri Bhakti direncanakan terbit pertama kali pada bulan Februari 2022 dengan frekuensi terbit berkala dua kali setahun, yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Jurnal ini merupakan media publikasi hasil penelitian yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu manajemen
Articles 23 Documents
PENGARUH KUALITAS JASA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. INDAH LOGISTIK CARGO BANTAR GEBANG Abdullah Safei
JURNAL MANAJEMEN BISNIS TRI BHAKTI Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis Tri Bhakti
Publisher : Prodi Manajemen STIE Tri Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menghadapi era yang penuh dengan ketidakpastian, seperti yang saat terjadi, menuntut seluruh entitas bisnis untuk menelurkan kreativitas yang tinggi, agar organisasi tetap dapat terus relevan dengan perkembangan yang terjadi. Tidak terkecuali di indutri jasa kurir. Persaingan yang semakin sengit dan berdarah-darah, ditambah dengan kemunculan kompetitor bak cendawan dimusim hujan, menuntut perusahaan yang bergerak di industri tersebut untuk selalu berinovasi dalam rangka memotivasi karyawannya agar terjadi peningkatan kualitas layanan demi kepuasan pelanggan. Tak terkecuali dengan apa yang dialami oleh PT. Indah Logistik Cargo. Sebagai perusahaan yang bergerak di industri jasa kurir, tentunya PT. Indah Logisik Cargo harus mengutamakan kepuasan pelanggan, dengan cara terus menerus meotivasi karyawannya, supaya bekerja secara optimal dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa dan motivasi kerja terhadap kepuasan pelanggan. Metode penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan incidental sampling sebanyak 77 responden yang merupakan pelanggan PT Indah Logistik Cargo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas jasa (X1), motivasi kerja (X2), serta kualitas jasa (X1) dan motivasi kerja (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan koefisien determinan (R2) sebesar 77,3%. Kata Kunci: kepuasan pelanggan, kualitas jasa, logistik, motivasi kerja
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MINIMARKET FAMILY DI TAMBUN SELATAN Christina Verawati
JURNAL MANAJEMEN BISNIS TRI BHAKTI Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis Tri Bhakti
Publisher : Prodi Manajemen STIE Tri Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Loyalitas pelanggan bagi sebuah perusahaan merupakan faktor penting untuk keberlangsungan bisnisnya, termasuk toko retail. Loyalitas pelanggan tersebut sangat erat kaitannya dengan kualitas pelayanan dan harga yang dirasakan oleh pelanggan. Minimarket Family merupakan salah satu contoh perusahaan atau bisnis retail yang sudah sangat lama berdiri dan memiliki tempat berbelanja yang sangat nyaman bagi pengunjung. Bisnis retail ini menyediakan berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari untuk pelanggan. Di era persaingan bisnis retail saat ini, loyalitas pelanggan pada minimarket Family khususnya di daerah Tambun Selatan cenderung mengalami peningkatan. Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengetahui pengaruh harga bersama kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di minimarket Family, Tambun Selatan. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan incidental sampling. Penelitian menghasilkan temuan bahwa kualitas pelayanan (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y). Namun, harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y). Kemudian kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) dengan koefisien determinan (R2) sebesar 78,2%. Penetapan harga yang cukup terjangkau dan potongan harga kepada pelanggan merupakan hal penting yang dapat dilakukan oleh Minimarket Family di Tambun Selatan untuk memperbesar loyalitas pelanggan. Kata Kunci: harga, kualitas pelayanan, loyalitas pelanggan, minimarket.
PENGARUH RASIO PROFITABILITAS DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2019 Dyah Fitriana
JURNAL MANAJEMEN BISNIS TRI BHAKTI Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis Tri Bhakti
Publisher : Prodi Manajemen STIE Tri Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Faktor untuk mengukur return saham antara lain Rasio profitabilitas dan kebijakan dividen. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh rasio profitabilias yang diwakili oleh Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE), Return On Asset (ROA) dan kebijakan dividen yang diwakili oleh Dividen Payout Ratio (DPR) terhadap Return Saham pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI pada periode 2016-2019. Populasi penelitian ini adalah 49 perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel akhir sebanyak 11 perusahaan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Linear Berganda dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam rasio profitabilitas hanya variabel Return On Equity (ROE), yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham secara parsial sedangkan Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS), Return On Asset (ROA) tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap Return Saham. Kebijakan dividen yang diwakili oleh Dividen Payout Ratio (DPR) tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap Return Saham. Hasil analisis secara simultan menunjukan bahwa rasio profitabilitas dan kebijakan dividen tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap Return Saham. Kata Kunci: Rasio Profitabilitas, Kebijakan Dividen, NPM, EPS, ROE, ROA, DPR
IMPLEMENTASI METODE LEAN MANUFACTURING SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PROSES KEGIATAN PICKING MATERIAL (STUDI KASUS DI AREA WAREHOUSE PT. PHC INDONESIA) Ika Puspa Dewi
JURNAL MANAJEMEN BISNIS TRI BHAKTI Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis Tri Bhakti
Publisher : Prodi Manajemen STIE Tri Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di tengah situasi ekonomi dunia yang sulit akibat penyebaran pandemi virus corona (COVID-19), para pelaku industri manufaktur dituntut untuk tetap bisa bertahan dan bertumbuh. Langkah-langkah perbaikan yang konkret dan berkelanjutan (kaizen) harus dilakukan oleh para pelaku industri manufaktur dengan mengendalikan segala bentuk aktivitas yang tidak memiliki nilai tambah (non-added value), untuk memberikan nilai tambah terhadap produk yang dihasilkan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan (kualitas) pelanggan. Salah satu langkah perbaikan yang bisa dilakukan oleh para pelaku industri manufaktur adalah dengan mengimplementasikan metode lean manufacturing system melalui metode analisis Value Stream Mapping (VSM) yang digabungkan dengan Cause-Effect Diagram (5M1E). Implementasi metode lean manufacturing system dilakukan pada proses picking material produk Biomedical di area warehouse PT. PHC Indonesia. Hal ini dilatarbelakangi oleh pencapaian angka jumlah picking material tahun kerja 2019 yang hanya 59% dari angka picking material tahun kerja 2020, yang menyebabkan keraguan pada bagian warehouse dalam hal pengiriman material ke lini produksi. Namun penerapan Lean Manufacturing System pada beberapa bagian picking material menjawab keraguan tersebut dengan pencapaian output produksi yang dapat menjawab tantangan tahun kerja 2020 ke arah perubahan positif pada angka produktivitas yaitu sebesar 34.08% dari tahun kerja 2019. Kata kunci: krisis ekonomi global, perbaikan berkelanjutan, non-added value, lean manufacturing system
ANALISIS STUDI KELAYAKAN PEMBUKAAN CABANG PALLET COFFEE DI GALAXY KOTA BEKASI Rohemy Indra Satria
JURNAL MANAJEMEN BISNIS TRI BHAKTI Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis Tri Bhakti
Publisher : Prodi Manajemen STIE Tri Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi kasus ini bertujuan untuk menilai kelayakan pembukaan cabang Pallet Coffee di Galaxy, Kota Bekasi. Analisis dilakukan untuk mengetahui kelayakan bisnisnya dengan menggunakan empat aspek, yaitu aspek pemasaran, aspek manajemen sumber daya manusia, aspek teknis dan aspek keuangan. Penyebaran kuesioner digunakan untuk mengetahui produk yang diminati konsumen, daya beli konsumen serta mengetahui media untuk promosi yang tepat. Pada Aspek teknis dan manajemen sumber daya manusi, Pallet Coffee mampu memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan. Sementara, pada aspek keuangan menggunakan Metode Net Present Value, Payback Periode dan Internal Rate of Return. Pada penelitian ini, Net Present Value bernilai positif yaitu 68.336.131, Payback Periode selama 2 tahun 6 bulan, dan IRR 65%. Berdasarkan hasil analisis terhadap aspek pemasaran, aspek manajemen sumber daya manusia, aspek teknis dan aspek keuangan, maka pembukaan cabang Pallet Coffee di Galaxy, Kota Bekasi dinyatakan layak untuk dijalankan. Kata kunci: studi kelayakan bisnis, kedai kopi, net present value, payback periode, internal rate of return
ANALISIS KEGIATAN INFORMATION SEARCH DAN PENGARUHNYA TERHADAP BUYING INTEREST KONSUMEN DALAM MEMILIH INTERNET SERVICE PROVIDER (STUDI KASUS: BIZNET BRANCH BEKASI) Sul Novelia
JURNAL MANAJEMEN BISNIS TRI BHAKTI Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis Tri Bhakti
Publisher : Prodi Manajemen STIE Tri Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Internet merupakan salah satu Teknologi informasi (TI) yang memiliki peranan besar dalam kehidupan manusia karena informasi menjadi salah satu kebutuhan di era yang semakin maju ini. Di Indonesia, internet membuka peluang bisnis bagi para penyedia layanan. Salah satu pelaku usaha yang melihat peluang ini adalah PT. Supra Primatama Nusantara (BIZNET). Perusahaan ini memberikan layanannya dengan mengeluarkan layanan BIZNET HOME dan Corporate Business Internet. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh information search apa saja yang mempengaruhi buying interest konsumen dalam memilih internet service provider (ISP) Biznet Cabang Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Information search berpengaruh signifikan terhadap buying interest (berlangganan). Indikator dari variabel Information search yang memiliki nilai tertinggi secara berurutan dari yang terbesar adalah indikator pengalaman pribadi, teman, internet, demo produk, dan iklan media elektronik. Setiap perusahaan harus memiliki konsistensi terhadap pelayanan dalam aspek kualitas dan aspek kecepatan dalam menanggapi keluhan pelanggan. Kata Kunci: biznet, internet service provider, buying interest, Information search.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEPUASAAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN KSO SAKURA REGENCY 3 JATIMULYA INDAH Saelka Estherlyna Tarigan
JURNAL MANAJEMEN BISNIS TRI BHAKTI Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis Tri Bhakti
Publisher : Prodi Manajemen STIE Tri Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Budaya organisasi merupakan salah satu elemen penting yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan karyawan. Betapa pentingnya budaya organisasi yang berlaku diperusahaan, membuat pimpinan perusahaan, perlu memikirkan bagaimana caranya agar budaya organisasi yang tercipta, dapat menginsipasi karyawan untuk berkinerja dengan baik. Kantor Pemasaran Sakura Regency 3 memiliki budaya organisasi yang berbeda dengan budaya organisasi kantor pemasaran properti lainnya. Budaya organisasi yang belaku di Kantor Pemasaran Sakura Regency 3 mengikuti budaya kerja organisasi Jepang pada umumnya, seperti: ketepatan waktu, bekerja keras, serta fokus terhadap pekerjaan yang sedang dilakukannya. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi dan kepuasaan kerja terhadap kinerja karyawan KSO Sakura Regency 3 Jatimulya Indah. Adapun metode penelitian yang dipakai adalah analisis deskriptif kuantitatif. Sampel didalam penelitian ini berjumlah 55 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan kepuasaan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Kata Kunci: budaya organisasi, kepuasaan kerja, kinerja, perilaku karyawan
PENGARUH KOMPENSASI DAN PUNISHMENT TERHADAP KINERJA DRIVER GORIDE PADA GOJEK INDONESIA DI KOTA BEKASI Hasudungan Situmeang
JURNAL MANAJEMEN BISNIS TRI BHAKTI Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis Tri Bhakti
Publisher : Prodi Manajemen STIE Tri Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada era milenial ini masyarakat sangat bergantung pada kemajuan teknologi, dimana teknologi sudah menjadi bagian dari kebutuhan manusia. Dengan teknologi segala aktivitas manusia dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Gojek adalah perusahaan penyedia layanan transportasi berbasis teknologi dan internet yang menghubungkan pengemudi (driver) dengan pengguna (penumpang). Namun, seiring berjalannya waktu jumlah driver semakin banyak dan menimbulkan tingginya tingkat persaingan sesama driver. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompensasi dan punishment terhadap kinerja driver Goride pada Gojek Indonesia di Kota Bekasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling terhadap 100 responden driver Goride di Kota Bekasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan menunjukkan bahwa variabel kompensasi (X1) dan punishment (X2) berpengaruh signifikan terhadap kinerja driver Goride, Gojek di Kota Bekasi. Pihak manajemen perusahaan perlu memperhatikan variabel punishment dalam upaya meningkatkan kinerja driver. Selain itu, perlu mempertimbangkan pemberian kompensasi yang sesuai ketika kinerja driver goride mengalami peningkatan. Kata Kunci: kompensasi, punishment, kinerja driver
PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP CONSUMER PURCHASE INTEREST PADA ONLINE BUSINESS MARKETPLACE (Studi kasus: konsumen online business marketplace Shopee, Tokopedia dan Bukalapak di Kota Bekasi) Hilmy Abdul Gani
JURNAL MANAJEMEN BISNIS TRI BHAKTI Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis Tri Bhakti
Publisher : Prodi Manajemen STIE Tri Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tingkat persaingan online business pada marketplace di Indonesia semakin ketat. Untuk memenangkan persaingan online business marketplace, suatu online business marketplace dituntut untuk menciptakan citra terbaik mereka menggunakan strategi pemasaran, salah satunya penggunaan brand ambassador. Kondisi ini bertujuan agar beberapa online business marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak mampu mempertahankan konsumen lama dan diharapkan bisa menarik konsumen baru serta meningkatkan consumer purchase interestnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan brand ambassador dan citra perusahaan terhadap consumer purchase interest pada online business marketplace Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak di masyarakat Kota Bekasi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan analisis regresi linear dengan software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial maupun simultan variabel brand ambassador dan citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan serta mempunyai pengaruh sebesar 53,5% terhadap consumer purchase interest pada online business marketplace Shopee, Tokopedia dan Bukalapak di masyarakat Kota Bekasi. Kata Kunci: brand ambassador, citra perusahaan, consumer interest, online business marketplace
PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN PROMOSI PRODUK SKINCARE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Pada Followers Akun Instagram @dinansaaareal) Siti Marya Ulfah
JURNAL MANAJEMEN BISNIS TRI BHAKTI Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Bisnis Tri Bhakti
Publisher : Prodi Manajemen STIE Tri Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Instagram menjadi aplikasi populer di berbagai kalangan karena menyajikan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah foto dan video melalui perangkat telepon seluler. Kemampuan ini dimanfaatkan pengguna untuk melakukan periklanan. Perkembangan di bidang digital menjadikan media iklan menggunakan instagram menjadi tren. Semua kalangan membuat iklan mempromosikan suatu produk atau diri sendiri agar menjadi terkenal. Akun instagram @dinansaaareal merupakan salah satunya. Akun ini merupakan salah satu celebrity endorser berusia 22 tahun yang berlatarbelakang sebagai model. Wajah cantik, kepandaian merias wajah, dan foto instagram yang menarik membuat akun instagram @dinansaaareal dibanjiri oleh like dan followers pada akun instagramnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari celebrity endorser dan promosi pada akun instagram @dinansaaareal terhadap minat beli skincare pada media sosial instagram. Metode penelitian menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel celebrity endorse (X1) dan promosi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pengguna skincare pada followers akun instagram @dinansaaareal. Kata Kunci: celebrity endorser, promosi, minat beli, media sosial

Page 1 of 3 | Total Record : 23