Loyalitas pelanggan bagi sebuah perusahaan merupakan faktor penting untuk keberlangsungan bisnisnya, termasuk toko retail. Loyalitas pelanggan tersebut sangat erat kaitannya dengan kualitas pelayanan dan harga yang dirasakan oleh pelanggan. Minimarket Family merupakan salah satu contoh perusahaan atau bisnis retail yang sudah sangat lama berdiri dan memiliki tempat berbelanja yang sangat nyaman bagi pengunjung. Bisnis retail ini menyediakan berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari untuk pelanggan. Di era persaingan bisnis retail saat ini, loyalitas pelanggan pada minimarket Family khususnya di daerah Tambun Selatan cenderung mengalami peningkatan. Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengetahui pengaruh harga bersama kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di minimarket Family, Tambun Selatan. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan incidental sampling. Penelitian menghasilkan temuan bahwa kualitas pelayanan (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y). Namun, harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y). Kemudian kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) dengan koefisien determinan (R2) sebesar 78,2%. Penetapan harga yang cukup terjangkau dan potongan harga kepada pelanggan merupakan hal penting yang dapat dilakukan oleh Minimarket Family di Tambun Selatan untuk memperbesar loyalitas pelanggan. Kata Kunci: harga, kualitas pelayanan, loyalitas pelanggan, minimarket.
Copyrights © 2022