Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2022): Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Pemahaman Guru Muda Dayah Jamiah Al-Aziziyah Terhadap Implikasi Praktek Khitbah dan Praktek Pembatalan Khitbah: (Studi Analisis Menurut Fikih Syafi'iyah)

Syarkawi Syarkawi (Unknown)
Fazlon (Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh)
Mursal (Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh)
Maisara Maisarah (Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh)
Rahmalia (Student Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Pemahaman Guru Muda Dayah Jamiah Al- Aziziyah dalam riset ini, perihal sepanjang mana pemahamannya pada khitbah, karna pada saat sebelum serta setelah permintaan mereka ( para pihak pengantin) mengklaim telah merasa calon pengantin jadi hak sang pengantin sampai melaksanakan perihal yang tidak biasa tetapi permintaan senantiasa dilanjutkan sampai perkawinan. Riset ini tercantum dengan memakai studi lapangan dengan memakai pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data serta informasi dan pemantauan. Metode yang diseleksi dalam analisa informasi merupakan pengurangan informasi, informasi dan pengumpulan kesimpulan. Posisi penelitian ini dilakukan di Dayah Jamiah Al- Aziziyah. Dari hasil penelitian tersebut bisa disimpulkan kalau, dalam penerapan pembatalan khitbah mengarah dengan memakai metode mendiamkan hingga yang dilamar datang buat mengatakan pembatalan khitbah dan mengembalikan benda yang sudah diberi dari pelamar dengan pemahaman dan pula pembatalan itu dari aspek alam. Kedua, dalam pemikiran ajaran Islam kepada aplikasi khitbah ini dilakukan dengan dasar memandang bagus dari bidang harta, agama, generasi dan ketampanan ataupun kecantikan seorang untuk menginginkan penerus yang bagus juga. Kemudian dalam penerapan pembatalan khitbahnya dilakukan dengan metode yang baik- baik dengan tujuan terjaganya persaudaraan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkdm

Publisher

Subject

Religion Arts Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Khadem: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat diterbitkan oleh LP2M Institut Agama Islam Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat dan penelitian ...