Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan pengulangan materi pelajaran secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS Negeri 1 Batang Angkola. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskirptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dan berganda dengan bantuan SPSS versi 26.00. Hasil penelitian yang diperoleh membuktikan bahwa t hitung diperoleh 2,635 > t tabel 2,039 artinya 2,635 > 2,039 dan besarnya nilai signifikansi variabel bebas (kesiapan belajar dan pengulangan materi pelajaran) pada uji t adalah 0,001 atau < 0,05. Motivasi belajar dan pengulangan materi pelajaran merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Semakin tinggi motivasi belajar seorang siswa dan diikuti dengan seringnya mengulang-ulang materi pelajaran maka akan mendapatkan hasil belajar yang tinggi dan memuaskan.
Copyrights © 2024